Ketika Anda memasukkan kunci mobil Anda ke kunci kontak kendaraan Anda, itu sebenarnya masuk ke sesuatu yang disebut silinder kunci pengapian. Komponen ini diposisikan di dalam komponen listrik yang disebut sakelar pengapian. Pada kendaraan modern, kunci kontak bertanggung jawab untuk mengunci kunci kontak pada tempatnya dan membaca kode anti-pencurian khusus yang dikirimkan dari kunci. Setelah kode ini diverifikasi, kunci kontak memungkinkan mesin untuk hidup.

Setiap kali Anda memasukkan kunci kontak ke tempat kunci kontak, Anda secara alami menganggapnya akan berputar dengan lancar dan menyebabkan mesin menyala dalam waktu 1 atau 2 detik. Tetapi mungkin ada situasi yang jarang terjadi ketika Anda merasa sulit untuk memutar kunci kontak mobil Anda.

Terkadang kuncinya macet di kunci kontak dan Anda bahkan tidak bisa mengeluarkannya. Maka Anda tidak akan memiliki kesempatan untuk mencoba menyalakan kendaraan Anda sampai kuncinya dilepas.

Alasan Kunci Pengapian Anda Tidak Mau Hidup

Sebelum Anda dapat mengetahui cara mengeluarkan kunci dari kontak dan mencegahnya macet lagi, Anda harus memahami apa penyebab masalahnya. Berikut adalah penyebab kunci kontak mobil yang tidak mau berputar atau macet, dikutip oleh Otodiva.com dari Oards.com. Yuk simak!

1. Kunci Bengkok atau Aus

Ini mungkin penyebab paling umum dari kunci macet atau tidak berputar. Ketika Anda telah menggunakan kunci mobil selama beberapa tahun, kunci itu bisa mulai bengkok atau aus. Ini terutama benar jika Anda memutar kunci secara agresif atau menekannya dengan keras ke kunci kontak sebelum Anda memutarnya. Setelah kunci ditekuk, kunci tidak akan sejajar dengan benar di silinder kunci kontak. Itu sebabnya tidak akan berubah.

2. Roda Kemudi Terkunci

Sistem kemudi memiliki mekanisme penguncian yang diaktifkan setiap kali Anda mengeluarkan kunci dari kontak. Terkadang, Anda mungkin secara tidak sengaja menggerakkan roda kemudi saat Anda melepaskan kunci kontak. Akibatnya, Anda mungkin mengalami kesulitan memutar kunci saat berikutnya Anda memasukkannya ke dalam kunci kontak.

3. Silinder Pengapian Macet

Jika Anda menyimpan kunci mobil di saku, sering kali dapat menyebabkan serat dan bahan lain menempel padanya. Jika Anda memasukkan kunci mobil ke dalam silinder pengapian dengan elemen-elemen ini di atasnya, maka itu dapat menyebabkan silinder menjadi berantakan dengan serpihan. Jika serpihan menumpuk terlalu banyak di lubang kunci, mungkin akan menimbulkan masalah saat Anda mencoba memutar kunci atau melepasnya.

4. Perlengkapan Tidak Disetel dengan Benar

Gigi harus disetel ke netral atau parkir sebelum Anda dapat memutar kunci kontak. Jika roda gigi diatur ke sesuatu yang lain, maka itu akan menjelaskan mengapa Anda tidak dapat memutar kunci. Tetapi jika persneling tampaknya disetel ke parkir atau netral, coba goyangkan stiknya sedikit, lalu coba lagi.

5. Baterai Buruk

Mobil baru memiliki sistem pengapian elektronik yang canggih. Mereka bergantung pada daya baterai untuk berfungsi. Jika Anda memiliki baterai yang buruk, ini dapat menyebabkan masalah saat Anda mencoba memutar kunci. Ujilah daya baterai untuk memverifikasi apakah ini penyebabnya.

Bagaimana cara mengatasinya? 

Jika kunci itu sendiri yang bermasalah, maka Anda perlu mengganti kunci dengan yang baru. Naluri pertama Anda mungkin memanggil tukang kunci, tetapi mereka tidak selalu siap untuk menangani penggantian kunci mobil karena kode khusus dan elektronik di dalamnya. Sebagai gantinya, Anda harus pergi ke dealer mobil yang mengeluarkan mobil dan kunci untuk Anda. Mereka dapat membuatkan Anda kunci baru yang diprogram dengan kode yang tepat.

Semoga penjelasan dan tips diatas bermanfaat bagi Anda yang sedang mengalami kunci mobil yang macet.


Baca Juga, Tips Mengambil Foto Mobil Untuk Di Jual, Cepat Laku!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here