Selain motor itu sendiri, helm motor Anda merupakan perlengkapan paling penting. Helm motor digunakan sepanjang waktu, seperti saat hujan, cuaca terik, jalan berlubang, gelombang panas, angin kencang, dan lain-lain. Helm memiliki peran paling penting karena dapat melindungi kepala Anda dari segala hal. Mengetahui cara membersihkan dan merawat helm sepeda motor Anda tidak hanya akan mencegah Anda menutupi wajah Anda dengan lapisan interior yang lembap, tetapi juga akan memperpanjang masa pakai helm Anda. Nah, berikut beberapa langkah yang sudah Otodiva.com kutip dari Revzilla. Yuk simak!

Langkah Pertama
Bahan alternatif pembersih helm motor Anda ternyata tidak susah dicari, kebanyakan dari bahan yang akan digunakan pasti ada di rumah Anda, seperti:

1. Sikat Gigi

Anda hanya perlu sikat gigi untuk membantu membersihkan sudut dan celah yang tidak dapat dijangkau oleh lap microfiber. 

2. Sampo Bayi

Sampo bayi adalah pilihan yang sering digunakan, karena sifatnya yang lembut.

3. Air hangat

Air hangat adalah teman terbaik saat mencuci helm motor karena memungkinkan Anda untuk membersihkan kotoran dan serangga mati tanpa merusak bahan helm.

Langkah Kedua
Sebelum Anda mencuci helm, Anda harus melepaskan semua aksesoris elektronik internal seperti mikrofon, antena, baterai, dan unit komunikator Bluetooth yang terpasang. 

Langkah Ketiga
Melepaskan semua interior helm, seperti bantalan pipi, dan lain-lain. Anda akan mencucinya secara terpisah, ini dilakukan agar tidak mengganggu Anda saat mencuci helm Anda.

Langkah Keempat
Rendam handuk mikrofiber dalam air hangat lalu taruh di atas helm. Handuk basah hangat yang menutupi helm motor yang kotor, akan bekerja dengan baik untuk menghilangkan kotoran yang menempel dengan lembut. 

Langkah Kelima
Saat membersihkan lapisan helm sepeda motor Anda, isi wastafel, bak mandi, atau ember dengan air hangat dan sampo bayi kemudian celupkan, gosok, dan pijat setiap bagian lapisan helm Anda ke dalam air sabun. Setelah selesai, biarkan mereka mengering. Lalu, gunakan kain mikrofiber basah untuk membersihkan bagian luar helm dengan lembut dan bersihkan kotoran yang tersisa. Saat membersihkan helm sepeda motor Anda, pastikan selalu menggunakan air hangat saja. 

Langkah Terakhir
Pasang kembali helm Anda, lalu mulai dengan liner kering dan bantalan pipi. Pasang kembali faceshield Anda dan bagian lain yang Anda lepaskan sebelum dibersihkan.

Nah, ada beberapa bagian yang penting untuk diingat, yaitu tidak menggunakan pelarut atau larutan pembersih berbahan dasar minyak bumi. Mengetahui cara membersihkan dan merawat helm motor dengan benar adalah bagian dasar dari perjalanan yang menyenangkan. Mulai sekarang, yuk bersihkan helm Anda secara teratur!


Baca Juga, Malas pakai helm karena berhijab? Ada tips nya, nih!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here