Cukup sulit untuk mengikuti tugas sehari-hari menjadi seorang ibu. Tapi tahukah Anda bahwa ada beberapa hal perawatan mobil yang harus dilakukan ibu-ibu secara teratur? Ini mungkin tampak seperti banyak, tetapi sebenarnya tips perawatan mobil penting ini akan membantu kendaraan Anda bertahan lebih lama dan membuatnya lebih aman untuk Anda dan keluarga Anda. Berikut beberapa di antaranya yang sudah dikutip oleh womanaroundtown.com. Yuk simak!

1. Ganti oli Anda secara teratur

Anda harus memastikan bahwa mobil Anda mendapat penggantian oli setiap 3.000 mil atau tiga bulan. Ada kekhawatiran tentang pengaruh oli sintetik pada beberapa kendaraan, tetapi jika Anda mengetahui bahwa oli tersebut baik untuk mobil Anda, maka oli sintetik sangat direkomendasikan sebagai pilihan terbaik karena tahan lebih lama dan bekerja lebih baik pada suhu ekstrem.

Anda juga dapat memeriksa oli tanpa harus membawanya ke bengkel. Yang Anda perlukan hanyalah obeng, kunci pas yang dapat disesuaikan dan sepotong gantungan kawat tua untuk dimasukkan ke dalam tabung dipstick. 

2. Periksa lampu, lampu sein, dan wiper setiap bulan 

Anda harus memastikan bahwa lampu depan Anda bersih serta semua lampu lainnya. Jika Anda mengalami masalah dengan lampu di mobil Anda, penting untuk segera merawatnya. Ini mungkin tampak aneh, tetapi lampu depan mungkin merupakan lampu penting untuk mengemudi di malam hari atau dalam kondisi cuaca buruk seperti hujan atau salju.

Memeriksa lampu sein sama pentingnya karena Anda tidak akan tahu bahwa itu membuat Anda aman untuk bermanuver dalam lalu lintas. Bilah penghapus juga merupakan sesuatu yang ingin Anda periksa secara teratur karena dapat berhenti bekerja atau mudah rusak.  Namun, jika wiper Anda perlu diganti, Anda dapat menghubungi bengkel terdekat. Anda perlu memiliki beberapa suku cadang juga untuk berjaga-jaga.

3. Tune-up dan ganti filter udara

Beberapa ibu-ibu lebih suka membawa kendaraan mereka untuk tune-up. Tapi, tidak ada salahnya melakukan sendiri selama Anda tahu apa yang Anda lakukan. Jika Anda kesulitan mengganti filter udara di mobil Anda, carilah layanan penggantian oli yang mencakup ini tanpa biaya tambahan. Ada juga layanan online yang menawarkan tutorial video tentang cara melakukannya.

4. Periksa tekanan ban setiap bulan 

Ban Anda adalah satu-satunya hal yang menjaga kendaraan Anda tetap di atas tanah. Sangat penting untuk memastikan bahwa ban selalu dalam kondisi baik dan mengembang dengan benar. Bawalah ke bengkel terdekat, ini akan memudahkan Anda untuk mengawasi ban Anda dan menyadari adanya keausan, seperti tonjolan atau retakan di sekitarnya.

Menemukan keseimbangan tekanan udara yang tepat sangat penting karena mereka dapat aus lebih cepat jika terlalu longgar. Jika Anda menjaganya terlalu ketat dapat menyebabkan ban menjadi terlalu panas dan dapat merusak kendaraan Anda.

Di dunia di mana para ibu selalu bepergian, mungkin sulit untuk meluangkan waktu untuk perawatan mobil yang penting. Tetapi jika Anda ingin kendaraan Anda awet dan berfungsi dengan baik, ini perlu dilakukan. Kabar baiknya, ada banyak tips yang cepat dan mudah di luar sana untuk ibu sibuk yang tidak punya banyak waktu tetapi masih ingin kendaraan mereka dalam kondisi bagus, seperti yang dijelaskan di atas.

Baca Juga, Tips Perawatan Mobil Yang Harus Diketahui Pengemudi Wanita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here