Pernah melihat mobil yang lepas landas dari lampu lalu lintas meninggalkan asap biru yang bau di belakangnya? Mungkin sebagian dari Anda pernah merasakannya. Mengapa ini terjadi, Anda mungkin bertanya tanya tentang hal ini.

Awan asap biru umumnya berarti mobil Anda sedang membakar minyak. Anda harus memikirkan implikasi dari memiliki mesin yang membakar terlalu banyak minyak. Asap biru umumnya pertanda buruk. Tidak hanya berbahaya bagi lingkungan, ini bisa menjadi tanda peringatan dini bahwa Anda harus melakukan perbaikan yang mahal, seperti perbaikan mesin. Berikut beberapa penyebab umum asap biru dari knalpot Anda yang dikutip oleh Otodiva.com Oards.com, diantaranya yaitu:


1. Gasket Penutup Katup Buruk


Gasket penutup katup atau juga disebut gasket penutup cam atau rocker biasanya merupakan perbaikan yang murah dan sederhana, tetapi akan sering bocor seiring bertambahnya usia. Gasket penutup katup yang bocor secara internal memungkinkan oli masuk ke ruang bakar melalui lubang busi. Jika ini penyebabnya, Anda akan melihat oli di sumur busi Anda yang juga melapisi ujung busi. Ini mungkin ada dalam satu silinder atau banyak.


2. Segel Panduan Katup Buruk


Segel pemandu katup juga disebut segel katup adalah segel di sekitar batang katup untuk setiap katup Anda. Segel ini mungkin aus seiring waktu. Ketika segel pemandu katup bocor, itu memungkinkan oli mesin dari kepala bocor ke katup dan masuk ke ruang bakar. Minyak ini kemudian akan terbakar dengan sisa campuran bahan bakar udara, menyebabkan asap biru.

Jika Anda melihat lebih banyak asap biru saat perlambatan, Anda mungkin memiliki segel pemandu yang buruk. Hal ini karena kevakuman mesin lebih mungkin untuk menarik oli ke dalam mesin daripada saat mesin dalam keadaan berbeban.


3. Cincin Piston Aus

Ring piston yang aus adalah hal pertama yang dipikirkan banyak orang ketika Anda menyebut asap biru. Jika Anda melihat lebih banyak asap biru pada RPM tinggi, Anda mungkin memiliki ring piston yang buruk.

Ada tiga ring per piston: ring oli, ring kompresi, dan ring scraper. Tidak yakin ring piston mana yang bermasalah? Tes kompresi akan membantu Anda mengetahui kesehatan mesin Anda secara keseluruhan, dan silinder mana yang menjadi sumber oli yang terbakar.

Saat Anda melakukan tes kompresi, Anda mencari angka yang relatif sama di semua silinder. Jika Anda melihat angka kompresi terlalu rendah untuk satu silinder, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk membangun kembali mesin. Anda tidak hanya kehilangan oli, Anda juga kehilangan daya semakin rendah angka kompresi Anda.


4. Katup PCV Buruk

Katup PCV yang buruk dapat memungkinkan oli berlebih masuk ke intake manifold. Oli ini kemudian dihisap ke dalam ruang bakar dan dibakar bersama sisa campuran udara-bahan bakar. Katup PCV yang buruk biasanya tidak mahal, mudah diakses, dan mudah diganti. Salah satu cara Anda dapat menguji katup adalah dengan mengocoknya. Jika Anda mendengar bunyi berderak, mungkin katupnya baik. Katup yang buruk akan mengeluarkan sedikit atau tidak ada suara.

Perlu diingat, jika Anda mengalami hal seperti diatas yaitu keluarnya asap biru dari knalpot mobil Anda, sebaiknya Anda langsung hubungi bengkel terdekat karena itu pertanda buruk untuk kendaraan Anda.


Baca Juga, Penyebab Kunci Kontak Mobil Macet & Tips Mengatasinya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here