Spakbor adalah panel yang terletak di sisi-sisi kendaraan beroda. Selain terlihat pada mobil, spakbor juga dapat ditemukan pada sepeda dan motor, serta alat transportasi beroda lainnya. Banyak perusahaan membuat spatbor khusus dengan desain seperti api, garis – garis, dan fitur dekoratif lainnya. Untuk orang yang ingin mengganti panel standar pabrik mereka dengan sesuatu yang sedikit lebih menarik. Berikut ini fungsi spakbor pada kendaraan yang sudah Otodiva.com kutip dari Road Sumo. Yuk simak!

1. Melindungi kendaraan dari kotoran
Spakbor mempunyai sejumlah fungsi yang sangat penting. Salah satu fungsi utama dari spakbor adalah untuk menjauhkan kotoran, debu, dan serpihan jalan dari roda dan sistem pengereman depan. Spakbor juga akan membantu menjaga kotoran dari sisi kendaraan Anda.

2. Meningkatkan performa kendaraan
Tergantung pada desainnya, spakbor juga dapat berfungsi untuk membuat mobil lebih aerodinamis.  Banyak mobil sport memiliki spakbor yang sangat ramping karena alasan ini, dan mereka mungkin memiliki fitur tambahan seperti bentuk atau model baru yang dirancang untuk meningkatkan performa mobil pada kecepatan tinggi.

3. Menambahkan Penampilan Kendaraan
Fungsi lain dari spakbor tentu saja estetika.  Kebanyakan orang tidak ingin melihat kerangka mobil, dan panel menutupi bingkai dan sisi blok mesin. Mereka juga dapat digunakan untuk menambah keindahan dan gaya pada mobil. Mobil di tahun 1950-an, memiliki spakbor gelembung, yang menonjol secara mencolok untuk menciptakan tampilan yang diinginkan. Mereka dapat memiliki berbagai macam fitur desain yang membuatnya lebih menarik atau bergaya untuk dilihat.

4. Menjaga keamanan saat berkendara
Spakbor dapat dibuat dari fiberglass, baja, atau bahan lainnya.  Banyak dari bahan-bahan ini dirancang untuk tahan pada saat kecelakaan, mendistribusikan dampak dari suatu kecelakaan ke seluruh rangka mobil agar pengendara tidak mendaptkan dampak yang besar. Tergantung pada bahan yang digunakan, spakbor terkadang dapat ditekuk kembali ke bentuk semula setelah kecelakaan kecil namun dalam kasus lain, mereka mungkin perlu diganti.

Itulah dia penjelasan dan fungsi pada spakbor yang ada di kendaraan, baik itu roda 2 ataupun roda 4. Semoga artikel ini dapat menambah ilmu dan bermanfaat, ya!


Baca Juga, Ini Penyebab Asap Biru Keluar Dari Knalpot Mobil Anda!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here