Memiliki mobil langka memberikan kesan tersendiri bagi pemiliknya. Setidaknya saat berkendara di jalan bebas hambatan atau ke tempat parkir, pemilik akan merasa kendaraan mereka tidak ada di pasaran. Tetapi, alasan pembuat mobil menawarkan mobil terbatas adalah biaya produksi dan ekspor. Proses produksinya-pun tentu sangat sulit.

Tentu saja, para kolektor harus bersaing dengan kolektor di seluruh dunia yang tidak segan-segan mengeluarkan uang yang lumayan untuk membeli mobil-mobil vintage dari seluruh dunia. Membersihkan mobil tua pun tidak mudah. Hal ini disebabkan karena harganya yang mahal dan suku cadang yang sangat sedikit. Oleh karena itu, kebanyakan kolektor sangat berhati-hati dengan kondisi kendaraannya untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan. Yuk simak deretan mobil langka, diantaranya yaitu:

1. Maybach Exelero
Maybach Motorenbau GmbH adalah perusahaan mobil mewah yang berasal dari Jerman. Didirikan pada tahun 1909 oleh Wilhelm Maybach bersama dengan anak laki-lakinya yang bernama Karl Maybach, sebagai Direktur. Perusahaan ini adalah anak perusahaan dari Luftschiffbau Zeppelin GmbH sampai dengan tahun 1918. Maybach sendiri memiliki akar sejarah yang melibatkan Wilhelm Maybach, dia merupakan direktur teknik dari Daimler-Motoren-Gesellschaft.

Perusahaan ini pertama kali membuat mobil eksperimental pada tahun 1919, dengan model produksi pertamanya yang dipamerkan di ajang Berlin Motor Show. Di antara tahun 1921 sampai 1940, perusahaan ini memproduksi berbagai macam kendaraan terutama mobil. setelah 20 tahun berlalu, perusahaan ini berubah nama menjadi MTU Friedrichshafen. Lalu, pada tahun 1960, Daimler-Benz membeli perusahaan ini. Saat ini, Maybach dimiliki oleh Daimler AG menjadi satu dengan Mercedes-Benz dan berpusat di Stuttgart, Jerman.

2. Icona Vulcano Titanium
Mobil produksi perusahaan asal Italia, ICONA ini dibikin menggunakan material yang tak lazim digunakan supercar pada umumnya yaitu Titanium. Namanya ICONA Vulcano Titanium. Supercar ini dikonsep tahun 2013 dan pertama kali diperkenalkan di China di pameran otomotif Shanghai Motor Show 2013. Hingga saat ini, ICONA Vulcano Titanium memang tidak pernah diproduksi secara massal. Namun pemilihan bahan Titanium sebagai material utama menjadikan ICONA Vulcano Titanium satu-satunya mobil darat yang dibuat menggunakan bahan yang luar biasa.

3. Chevrolet Corvette ZI1 1969
Saat pertama dijual, Chevrolet Corvette Zl1 1969  hanya dibanderol sekitar US $ 10.048 atau sekitar 143 Juta. Namun mobil yang dibuat pada akhir 1960 ini diklaim mampu berakselerasi dari 0-100 km per jam hanya dalam waktu 4.0 detik, saat ini dijual hingga jutaan dolar. Desain eksteriornya mungkin tidak menarik bagi semua orang. Namun, spasi dan peralatan yang ditawarkan pasti akan menarik.

4. W Motors Lykan Hyper Sport
Saat pertama kali diluncurkan, Lykan HyperSport resmi menjadi mobil produksi termahal ketiga saat itu. Dengan harga 3,4 juta dolar AS (sekitar Rp48,5 miliar) dan hanya tujuh unit yang dirakit. Sangat menarik bahwa W Motors sebenarnya membuat lebih banyak stunt car untuk film Fast & Furious 7 daripada mobil pelanggan. Meski demikian, dengan hanya satu stunt car yang masih ada, dapat dikatakan bahwa ini adalah Lykan HyperSport terlangka di dunia.

5. Koenigsegg CC8S
Koenigsegg CC8S yang diluncurkan pada 2002 sejatinya dibuat setelah delapan tahun perusahaan asal swedia ini melakukan penelitian dan pengembangan. Hasilnya, mobil yang hanya dibuat sebanyak enam unit. Koenigsegg CC8S dibenamkan mesin Ford V8 berkapasitas 4.7 liter supercharged yang menghasilkan daya 655 Tk pada 6.800 rpm dan torsi 750 Nm pada 5.000 rpm.

6. Laraki Epitome
Sebagai sebuah supercar, Laraki Epitome Concept diperkuat oleh mesin yang tidak ramah yakni mesin V8 yang sudah dilengkapi dengan twin-turbocharged. Jantung berkapasitas 7.0 liter ini diklaim mampu memuntahkan antara 1.001 sampai 1.750 tenaga kuda. Tenaga besar itu disandingkan dengan bahan-bahan ringan seperti carbon fiber maupun sasis aluminium di tubuhnya untuk membuat mobil ini bisa bersaing di kelas yang sama dengan Bugatti Veyron. Namun untuk mendapatkan mobil ini, maka tabungan para milioner harus diambil cukup banyak. Karena Laraki membanderol mobil yang hanya diproduksi sebanyak 9 unit ini dengan harga cukup tinggi, US$ 2 juta atau sekitar Rp 20,67 miliar.

7. Lamborghini Veneno Coupe
Model langka Lamborghini Veneno Coupe tampil mengejutkan publik pecinta supercar di Malaysia. Veneno Coupe adalah salah satu model paling langka yang dibuat Lamborghini. Veneno Coupe tampil di Sirkuit Internasional Sepang memeriahkan ajang Lamborghini Blancpain Super Trofeo Asia World Final 2014. Ini adalah kali pertamanya Veneno Coupe menginjak aspal di Asia Tenggara. Hanya tiga unit Lamborghini Veneno Coupe yang diproduksi dan telah diperkenalkan tahun lalu. Veneno Coupe dirancang berdasarkan  Aventador dan dirakit hanya untuk kolektor pribadi, seperti Veneno Roadster. Lamborghini Veneno memiliki mesin V12 6,5 liter atau mesin yang sama dengan Aventador yang berdaya 750 HP (552 kW). Mesin terhubung dengan transmisi ISR yang punya lima mode berkendara. Akselerasi dari 0 sampai 100 kpj tembus dalam 2,9 detik dan top speed mencapai 355 kpj.




Baca Juga, 5 Tips Dapatkan Mobil Bekas Berkualitas Ala CARRO

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here