Perkiraan Musim Hujan 2021 pada 342 Zona Musim (ZOM) di Indonesia menunjukkan bahwa sebagian besar wilayah diperkirakan pada kisaran bulan Oktober dan November 2021 sebanyak 232 ZOM atau 67,8% dari 342 ZOM. Sebentar lagi, kita akan memasuki musim penghujan, tidak hanya berbekal payung dalam mobil, kondisi kendaraan kita juga harus diperhatikan dan dipersiapkan, dikarenakan kondisi jalan saat hujan berbeda dengan kondisi saat kering. Ada beberapa hal penting yang harus dipersiapkan pada mobil Anda sebelum berkendara di musim hujan, mari kita simak!

Pertama, cek kondisi kesehatan wiper Anda. Wiper adalah peranti utama di mobil yang wajib diperiksa. Wiper berfungsi untuk menyapu air dari kaca mobil agar visibilitas pengemudi tetap terjaga, kondisi yang sangat dibutuhkan ketika berkendara. Untuk itu pengecekan wiper menjadi hal yang wajib dilakukan ketika memasuki musim hujan. Periksa kondisi karet wiper. Jika rapuh, harus diganti untuk pengoperasian yang optimal untuk menjaga visibilitas pengemudi di saat hujan. Lakukan perawatan pada selang wiper dan nozzle. Selalu pastikan bahwa air semprotan dalam kondisi baik sehingga tidak terkontaminasi kerak, gelembung atau kontaminan lainnya. Jangan lupa untuk memeriksa apakah wiper kaca depan mobil berfungsi dengan baik.

Selanjutnya, jangan lupa mengecek kondisi ban mobil Anda. Ban adalah satu-satunya bagian dari mobil yang berhubungan langsung dengan jalan. Oleh karena itu, saat musim hujan, kendaraan harus dalam kondisi baik agar tidak kehilangan grip atau puntiran. Selalu perhatikan kondisi ban terutama trek agar deselerasi tidak terganggu. Jika permukaan atau tapaknya botak, segera ganti. Periksa juga tekanan ban Anda untuk memastikannya memenuhi standar dan instruksi pabrik.

Perhatikan rem Anda, dan pastikan berfungsi dengan baik. Rem merupakan bagian yang harus diperiksa secara berkala untuk memastikan keselamatan berkendara, terutama saat musim hujan. Salah satu solusi yang mungkin adalah memeriksa kondisi bantalan rem untuk menentukan apakah bantalan rem perlu diganti. Juga, periksa jumlah minyak rem di reservoir untuk memastikan tidak ada kebocoran. Ada beberapa cara untuk memeriksa ketebalan kampas rem. Pertama, jika Anda mendengar bunyi derit dari rem, kemungkinan bantalan rem tipis dan ada gesekan antara kedua logam.

Periksa lampu-lampu dan kelistrikan pada mobil Anda. Pastikan semua lampu depan dan belakang kendaraan dalam kondisi baik. Memang, peran lampu saat hujan deras sangat penting bagi pengemudi maupun pengemudi lainnya untuk mengetahui lokasi kendaraannya. Pastikan fungsi kelistrikan utama bekerja dengan benar. Dari dasbor, lampu depan, panel, lampu peringatan, lampu rem, dan lampu senja. Kabel listrik mobil umumnya dilengkapi soket kedap air. Namun, Anda perlu memastikan bahwa kabel dalam kondisi baik dan tidak terkena atau terlepas dari gigitan hewan atau penyebab lainnya. Hal ini dapat menyebabkan kendaraan kehilangan tenaga.

Itulah beberapa tips yang harus dilakukan pada mobil Anda. Semua demi keselamatan dan kenyamanan Anda dalam berkendara dimusim hujan.


Baca Juga, Tips Mengemudi Mobil Di Jalan Rusak, Harus Hati-Hati!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here