Salah satu transportasi yang paling disukai banyak orang adalah mobil. Mereka digunakan hampir setiap hari untuk berbagai tujuan. Seseorang harus mengendarai kendaraan sesuai dengan kondisi jalan. Tidak semua kondisi jalan sama, dan ada cara yang berbeda untuk menangani kendaraan tergantung pada situasinya. Tips paling umum saat mengemudi adalah menjaga agar ban tetap terisi angin dengan tekanan yang pas. 

Saat mengemudi melalui jalan berbatu, penting untuk memastikan bahwa kendaraan dalam kondisi baik karena khawatir Anda akan mogok di antah berantah dan ban mobil Anda rusak. Oleh karena itu, untuk menghindari hal-hal seperti itu, berikut beberapa tips yang sudah Otodiva.com kutip dari Japanese Car Trade yang harus diikuti karena dapat berguna saat mengemudi di sepanjang jalan yang kasar. Yuk simak!

Kenali kendaraan Anda

Baca buku manual untuk memahami dan mengenal kendaraan Anda lebih baik. Identifikasi roda yang menggerakkan kendaraan dapat membantu pengemudi mengendalikan kendaraan dalam kondisi jalan yang tidak diinginkan dan apa yang harus dilakukan jika terjebak dalam kondisi yang tidak diinginkan. 

Ubah kendaraan

Jika seseorang sering berkendara di jalan yang kasar, maka akan bermanfaat untuk menyesuaikan atau memodifikasi kendaraannya agar mengemudi lebih menyenangkan dan nyaman. Seseorang harus membeli ban yang dirancang khusus untuk jalan kasar karena memiliki cengkeraman yang lebih baik, sehingga memberikan keamanan lebih dan membuat berkendara lebih nyaman.

Hindari Mengebut

Disarankan untuk berjalan lambat saat mengemudi di jalan yang penuh dengan gundukan besar atau lubang untuk menghindari keausan ban dan mengurangi ketegangan pada kendaraan. Tidak apa-apa untuk mengemudi secara normal di atas gundukan, tetapi di jalan berlubang Anda harus melambat. 

Peralatan Darurat

Salah satu poin terpenting untuk dipertimbangkan, yaitu Anda harus menyediakan peralatan darurat setiap saat. Saat berkendara sangatlah penting untuk membawa peralatan seperti sekop, ban serep, dongkrak ban, kotak P3K sebagai perlengkapan yang diperlukan.

Semoga tips ini dapat membantu Anda saat Anda akan melewati jalan yang rusak dan bebatuan, Anda pasti tidak ingin mobil atau ban Anda rusak akan hal ini. Jadi, yuk mulai sekarang dipersiapkan dengan baik!


Baca Juga, Tips Perawatan Mobil Yang Harus Diketahui Pengemudi Wanita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here