Salah satu komponen penting pada mobil saat musim hujan adalah kaca. Komponen ini sangat penting mengingat visibilitas pengemudi yang menatap jalan tergantung pada komponen ini. Seperti yang sudah diketahui, fungsi kaca depan adalah untuk memberikan pandangan luas kepada pengemudi untuk menatap jalan. Oleh karena itu, kaca depan ini perlu Anda perhatikan agar tidak muncul jamur yang dapat mengganggu pandangan Anda pada saat berkendara. Jamur adalah salah satu masalah yang akan sering ditemukan di kaca depan mobil Anda jika dalam kondisi kotor dan dibiarkan begitu saja tanpa dibersihkan dalam waktu yang lama. Jamur sendiri biasanya menempel di kaca depan karena ada proses oksidasi yang berasal dari asam yang terdapat di dalam air. Berikut ini beberapa cara untuk menghilangkan jamur kaca pada mobil Anda yang sudah Otodiva.com kutip dari JBA. Yuk, simak!

1. Gunakan alkohol kadar 50% – 90%
Pada umumnya bahan ini digunakan untuk membersihkan luka. Namun ternyata, bahan ini juga bisa digunakan untuk membersihkan dan menghilangkan jamur kaca mobil. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu membasahi kain lembut yang telah dibasahi dengan alkohol, lalu dioleskan langsung ke kaca depan mobil.  Namun yang perlu diingat adalah saat menggosok kaca depan dengan cairan ini, gosok dengan tekanan lembut agar kaca tidak tergores.

2. Minuman ringan
Siapa sangka air soda yang biasa diminum ternyata mampu menghilangkan jamur kaca mobil.  Caranya bersihkan kaca depan terlebih dahulu menggunakan kain kering.  Setelah itu, basahi kain lembut dengan air soda dan gosokkan ke kaca mobil Anda.  Lakukan ini beberapa kali sampai jamur menghilang. Saat membersihkan kaca depan, sebaiknya jangan menggunakan air agar unsur kimia dalam soda tidak menyatu dengan air sehingga akan mengurangi khasiatnya. Sebaiknya pilih soda yang tidak mengandung gula agar tidak mengundang semut.

3. Pasta gigi
Siapa sangka, ternyata pasta gigi yang sering kita gunakan setiap hari mampu menghilangkan jamur kaca mobil. Caranya adalah dengan mengoleskan pasta gigi secukupnya, dan tunggu hingga kering. Setelah itu bilas menggunakan air bersih sambil digosok menggunakan kain lembut agar jamur menghilang. Lalu, segera keringkan menggunakan koran yang bersih dan kering.

4. Pemutih pakaian
Caramenghilangkan jamur pada kaca depan, yaitu dengan menggunakan pemutih pakaian. Caranya cukup mudah, hanya perlu mengoleskan cairan pemutih pada kaca mobil secara perlahan untuk membersihkannya. Selain itu, gunakan kain yang lembut agar tidak menimbulkan goresan pada kaca depan mobil.

Itulah beberapa cara yang harus di lakukan untuk menghilangkan jamur pada kaca kendaraan Anda.

Baca Juga, Tips Makan Nyaman di Mobil Pada Saat PPKM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here