Tidak hanya SPBU Pertamina warna biru dan merah, tetapi juga ada SPBU Pertamina warna hijau, yang membuat perbedaan besar dari SPBU Pertamina lainnya. Sub-holding komersial dan komersial PT Pertamina (Persero), PT Pertamina Patra Niaga, secara resmi memperkenalkan 76 Green Energy Station (GES), yang juga dikenal sebagai SPBU Hijau, yang tersebar di beberapa wilayah. GES sendiri menggunakan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) atau tenaga surya (PV) yang ramah lingkungan sebagai sumber energinya, sehingga berbeda dengan SPBU tradisional, ia dihadirkan sebagai pendekatan dan kontribusi terhadap energi hilir.

GES merupakan layanan terintegrasi baru dengan empat konsep utama, yakni Green, Future, Digital, dan High Tier Fuel yang dirancang mendukung Grand Strategi Nasional pada program transisi energi dan operasional yang ramah lingkungan. Solar PV memiliki dampak besar dalam mengurangi polusi, efek rumah kaca, dan meningkatkan efisiensi biaya operasional SPBU. Untuk SPBU dengan kapasitas Solar PV 6.3 kwp, penghematan bulanan rata-rata adalah sekitar 12,5% dari total listrik yang digunakan untuk operasional.

GES juga menawarkan layanan yang tidak dimiliki oleh SPBU pada umumnya, yaitu stasiun pengisian kendaraan listrik imum (SPKLU) atau charging station dan stasiun penukaran baterai kendaraan listrik umum (SPBKLU). Selain itu, untuk mendukung penggunaan energi ramah lingkungan, GES hanya menyediakan bahan bakar jenis Pertamax Series dan Dex Series. Maka dari itu, GES tidak menjual Premium ataupun Solar.

Green Energy Station akan menjadi one stop energy solution yang ramah akan lingkungan. Kami sedang bergerak menuju pergeseran energi dan kami berharap GRK di wilayah lain akan terus mempercepat prosesnya dan kehadiran GRK ini akan mengurangi emisi karbon hingga 29% pada tahun 2030. Sekarang, GES sudah resmi tersebar di beberapa wilayah, yakni 3 titik di Lampung, 43 titik di Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat, 13 titik di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, serta 17 titik di Jawa Timur, dan ada promo khusus bagi konsumen di GES selama periode 31 Agustus hingga 30 September 2021, berupa 5.000 poin ekstra, bagi 5.000 pelanggan pertama yang bertranskasi menggunakan MyPertamina.

Baca Juga, Hyundai Resmi Kenalkan Robot Pintar Berkaki Empat “Spot” di Tanah Air

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here