Di masa pandemi covid-19 ini, pemerintah telah menetapkan beberapa peraturan diantaranya yaitu, wajib menunjukkan surat test antigen negatif jika ingin berpergian. Test rapid antigen bertujuan untuk mendeteksi virus corona tersebut, yaitu dengan memeriksa sampel darah atau lendir tenggorokan pasien. Keberadaan antigen dari bakteri atau virus tertentu di dalam tubuh menandakan adanya infeksi. Rapid test antigen juga dilakukan pada orang yang tidak mengalami gejala apa pun, tetapi memiliki faktor-faktor berikut:

  • Melakukan kontak dekat dengan seseorang yang diduga menderita COVID-19
  • Berencana menjalani pengobatan atau perawatan di rumah sakit
  • Bekerja di area yang tidak memungkinkan protokol kesehatan secara optimal
  • Bekerja di rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya

Pemeriksaan swab antigen atau res rapid antigen tidak dianjurkan untuk dilakukan sendiri di rumah karena bisa terjadi kesalahan dalam pengambilan sampel. Hal ini bisa membuat hasil pemeriksaan menunjukkan negatif palsu atau false positive. Ini artinya hasil tersebut bisa saja negatif, padahal sebenarnya belum tentu. Oleh karena itu, untuk mendiagnosis COVID-19 diperlukan pemeriksaan klinis dari dokter beserta PCR.

Beberapa orang merasa, test rapid antigen cukup membuang waktu khususnya untuk orang yang memiliki aktivitas yang padat. Dengan itu, sekarang ada test antigen drive thru, kita hanya berdiam di mobil lebih aman dan praktis. Layaknya drive thru restoran, mobil kita mengantri untuk pemeriksaan antigen yang langsung dilakukan oleh dokternya. Setelah itu kita hanya perlu menunggu beberapa menit untuk menunggu hasilnya keluar. Nah, berikut tips untuk Anda yang ingin melakukan test rapid drive thru nih, yuk kita simak!

Pertama, yang kita lakukan yaitu cek lokasi dimana kita ingin test rapid antigen drive thru. Anda bisa membrowsingnya melalui smartphone Anda. Sekarang test rapid antigen drive thru sudah banyak dimana-mana khususnya di Jakarta.

Kedua, kita harus tetap menggunakan protokol kesehatan seperti memakai masker medis. Walaupun hanya berdiam di dalam mobil saja, bukan berarti Anda bisa menyepelekan untuk tidak memakai masker. Ini dilakukan demi memutus penularan covid-19.

Ketiga, jangan lupa untuk membawa disinfektan spray dan hand sanitizer. Sangat penting untuk memakai hand sanitizer jika ingin melakukan antigen dengan cepat di dalam mobil. Satu hal baru yang biasa dilakukan adalah membawa hand sanitizer sendiri, gunakan segera setelah tes.

Keempat, Anda harus mengecek keadaan badan Anda. Jika sedang tidak enak badan, sebaiknya menggunakan jasa swab atau rapid yang bisa datang ke rumah. Terakhir, jika sudah selesai melakukan test maka sebaiknya mobil yang dipakai drive thru segera dilakukan pembersihan.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk test antigen drive thru di mobil pribadi Anda. Semoga bermanfaat!

Baca Juga, Sering Lupa Lokasi Parkir Mobil? Simak Tipsnya!Sering Lupa Lokasi Parkir Mobil? Simak Tipsnya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here