Banyak wanita sekarang mengendarai mobil mereka untuk memenuhi tuntutan perjalanan dan kehidupan sehari-hari yang aktif. Bahkan, sebagian besar produsen mobil memiliki beberapa jenis kendaraan yang dijual khusus untuk wanita. Belajar menyetir mobil sebenarnya sangat mudah, apalagi jika Anda memiliki mobil self-driving yang sangat nyaman bagi wanita. Berikut beberapa tips untuk membantu Anda agar mudah dalam belajar mobil. Yuk simak!

  • Berlatihlah ditempat yang cocok dan tepat untuk Anda.

Banyak wanita yang baru belajar mengemudi lebih memilih untuk langsung ke jalan raya. Ini bisa menyebabkan cedera karena mental mengemudi tidak kuat. Sebagai gantinya, Anda perlu mengenal lebih dalam komponen mobil terlebih dahulu. Hal terpenting pada awalnya adalah beradaptasi dengan lingkungan mengemudi. Karena rasa dan nuansa kursi pengemudi sangat berbeda dengan kursi penumpang.

  • Mempelajari setiap tombol dan fungsinya.

Cara beradaptasi dengan suasana mengemudi, yaitu Anda bisa mencobanya dengan duduk di kursi pengemudi ketika mobil sedang berhenti. Anda bisa mencoba pegang setir dengan membelok-belokkan setir, mencoba pegang transmisi, dan juga komponen lainnya. Pelajari dulu hal-hal dasar seperti cara menghidupkan dan mematikan mesin mobil, menggunakan lampu sen, lampu jarak dekat dan jauh, menggunakan wiper, dan lain-lain. Kalau mobil Anda manual, ingat baik-baik yang mana posisi pedal kopling, rem, dan gas. Jika Anda sudah memahami semua fungsi-fungsi dasar tersebut, nantinya Anda akan lebih nyaman saat sudah benar-benar berkendara di jalanan.

  • Meminta agar didampingih orang yang sudah mahir.

Jika Anda sudah memiliki teman atau keluarga yang bisa mengemudi dengan baik, mintalah bantuan. Rencanakan waktu luang Anda bersamanya sambil belajar menyetir mobil. Biasanya tempat pertama yang bisa Anda pilih untuk belajar mengemudi adalah lapangan sepak bola atau bisa juga komplek yang sepi. Belajar lah dari tahapan awal, seperti menghidupkan mesin, menginjak kopling, masuk gigi satu, lepas kopling perlahan sambil tekan gas sampai mobil berjalan perlahan. Ingat ya, jangan panik jika mobil tiba-tiba mati. Itu merupakan tahapan yang sangat diwajarkan untuk Anda yang baru belajar nyetir mobil. Jangan patah semangat, terus ulangi hingga lancar. Kalau sudah lancar menghidupkan dan menjalankan mobil, berputar-putarlah di lapangan, cobalah juga untuk maju mundur, belok kiri, belok kanan, sampai Anda jadi terbiasa.

  • Meningkatkan kemampuan level berkendara

Jika Anda sudah merasa bisa untuk berada di jalan raya, cobalah pindah ke lokasi lain yang lebih menantang, seperti jalan yang rumit, jalan raya yang ramai dengan pengendara lain, atau tanjakan. Tentu saja, langkah ini membutuhkan keberanian dan kepercayaan diri untuk dengan mudah melewatinya. Jangan panik dan tetap tenang sehingga apa pun yang Anda pelajari adalah yang terbaik.

Berikut beberapa langkah mudah untuk kaum hawa cepat bisa mengendarai mobil. Semoga bermanfaat!

Baca Juga, Tips Mengemudi Mobil Di Jalan Rusak, Harus Hati-Hati!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here