Sebagian besar biaya yang akan di keluarkan pengendara mobil adalah untuk perbaikan dan penggantian suku cadang untuk mobil Anda.  Melalui aktivitas sehari-hari, bagian-bagian tertentu pada mobil membutuhkan lebih banyak perhatian dari pada yang lain. Aki mobil Anda tidak terlepas dari hal ini, namun karena berada dalam bagian mesin, kita sering kali melupakannya. Jangan sampai terlambat untuk sesuatu yang  sangat penting pada salah satu bagian mobil Anda. Sangat disayangkan jika Anda melupakan kehadirannya yang sangat penting dalam kehidupan kendaraan Anda.  Pemasangan aki mobil dan perbaikan aki mobil perlu menjadi prioritas utama bagi pemilik mobil karena tanpa bagian ini, kendaraan Anda tidak dapat berpindah dari titik A ke B. Berikut beberapa hal yang harus di perhatikan ketika ingin mengganti aki mobil, dikutip Otodiva.com dari Auto Influence. Yuk, simak!

1. Jadilah Proaktif

Bersikap proaktif mengenai perawatan yang tepat untuk aki mobil Anda akan menghindari situasi ini terjadi. Tentu saja, kita semua lengah dan kadang-kadang, baterai mati begitu saja tanpa tanda-tanda nyata. Ganti aki mobil Anda jika kondisinya sudah dua tahun atau empat tahun. Berikan mobil Anda kesempatan untuk berjalan dengan baik. Investasi besar seperti mobil Anda layak mendapatkan perawatan dan perhatian.

2. Perbaiki atau Ganti

Penting mengetahui dan mengawasi aki mobil Anda karena sejumlah alasan. Salah satu alasannya adalah ketika momen-momen ini terjadi, aki mobil Anda mengalami masalah, maka Anda akan mengetahui apa kemungkinan besar penyebabnya. Jika Anda sedang mengangkat kap mobil Anda untuk memeriksa oli atau apa pun, gunakan juga kesempatan itu untuk memeriksa aki mobil Anda. Lihat jika ada daun, batang, puing-puing atau kotoran  yang berkumpul di bagian aki mobil Anda, bersihkan.

3. Memilih Aki Mobil yang Tepat

Aki mobil akan memberikan kehidupan pada mobil Anda. Pilih aki Mobil yang tepat dan cocok dengan mobil Anda. Semua baterai memiliki kode pengiriman yang menunjukkan berapa umurnya. Beberapa aki mobil menggunakan huruf untuk menandakan bulan dan lainnya menggunakan angka untuk menandakan tahun. Beberapa yang lain lagi menggunakan tanggal numerik dasar. Periksa angka-angka dan huruf-huruf ini untuk memeriksa kapan aki mobil Anda dibuat. Jangan memilih aki mobil yang berusia lebih dari 6 bulan.

Itulah beberapa hal yang harus di perhatikan ketika ingin mengganti aki mobil.

Baca Juga, Ternyata Ini Cara Mendeteksi Mobil Yang Rusak Akibat Banjir!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here