Bersepeda motor di malam hari tentu tidak sama dengan di siang hari. Apalagi saat menempuh jarak jauh, Anda harus lebih fokus untuk mencapai tujuan dengan selamat. Pengemudi perlu lebih waspada dalam kondisi malam yang gelap dan di jalan yang kosong atau sepi. Ada beberapa persiapan yang harus Anda lakukan, jika ingin berkendara motor dengan Aman di malam hari, yuk simak tips yang sudah Otodiva.com rangkum untuk Anda!

Pertama yaitu Anda harus memastikan motor dalam keadaan baik, terutama bagian lampu, yakni lampu utama atau depan, lampu rem, lampu senja dan lampu sein. Kemudian, pilih rute terdekat untuk menuju ketujuan Anda. Pastikan rute tersebut merupakan jalur yang aman. Pertimbangkan juga waktu tempuh, cari yang tercepat. Sebaiknya juga gunakan jalan yang ramai untuk menghindari orang yang bertindak jahat.

Selanjutnya, selalu pastikan handphone tetap aktif. Recharge sebelumnya dan pastikan pulsa atau paket data tersedia. Hal ini penting untuk mengantisipasi kondisi darurat. Tak ada salahnya juga untuk menyimpan nomor-nomor penting yang dapat dihubungi dalam keadaan emergency. Cobalah untuk menggunakan safety gear berwarna cerah, jika berwarna gelap disarankan ada reflektornya agar mudah terlihat oleh pengendara lain.

Jangan sepelekan kondisi jalan di malam hari. Selalu gunakan helm, jaket, dan sepatu untuk berkendara dengan motor di malam hari, meski hanya akan menempuh jarak dekat.

Jalanan yang sepi di malam hari bisa memicu keinginan untuk ngebut dan segera sampai di rumah. Namun, tentu saja hal ini bukanlah perilaku bijak berkendara. Meski sepi sekalipun, risiko insiden tetaplah ada. Oleh karena itu, pastikan untuk tetap menjaga kecepatan dalam batas wajar ketika berkendara dengan motor di malam hari. Sebaiknya jangan mengenakan perhiasan secara berlebihan, demi keamanan di jalan. Apalagi, jika perhiasan yang berlebihan berisiko memancing perhatian penjahat.

Apabila motor Anda mengalami kendala di tengah perjalanan, pastikan untuk menepi ke tempat yang aman sebelum mencari bantuan. Namun apabila Anda yakin sedang menjadi incaran pelaku kejahatan, tak ada salahnya membunyikan klakson berkali-kali untuk menarik perhatian warga di sekitar dan meminta pertolongan.

Baca Juga, Khusus Hijabers, Tips Agar Jilbab Tetap Rapi Saat Naik Motor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here