Sistem pengereman adalah salah satu komponen terpenting dari mekanisme mobil. Pengereman dapat membantu mobil Anda untuk mengurangi kecepatan hingga berhenti sepenuhnya. Ada dua segmen pada pengereman, yaitu rem depan dan rem tangan. Kita semua tahu tentang fungsi rem depan. Namun, bagaimana cara kerja rem tangan dan apa kegunaan dari rem tangan? Berikut beberapa penjelasan tentang rem tangan pada mobil yang sudah Otodiva.com kutip dari Car From Japan. Yuk simak!

Apa Itu rem tangan mobil?
Rem tangan juga dikenal sebagai rem darurat, rem tangan dapat dioperasikan dengan kaki atau tuas tangan mekanis. Rem tangan memiliki koneksi ke roda belakang melalui kabel logam. Orang sering salah mengira bahwa rem tangan terhubung ke medan listrik melalui transmisi daya hidrolik. Sebenarnya masuk akal karena rem tangan akan menjaga kendaraan tetap diam jika terjadi kegagalan pada rem utama. Anda akan melihat rem tangan di antara dua kursi depan atau di sisi kiri pedal gas dan rem. Ini dapat digambarkan sebagai sistem pengereman cadangan yang bisa Anda lakukan ketika rem utama tidak berfungsi.

Bagaimana rem tangan bekerja?
Rem tangan mobil dirancang untuk bekerja melewati sistem pengereman hidrolik jika terjadi kegagalan fungsi pada rem utama. Saat Anda menerapkan rem tangan, kabel logam yang terhubung dengannya melewati tuas perantara, meningkatkan daya tarikan. Kemudian, tenaga menyebar secara merata di antara rem. Jadi, Anda tahu cara kerja rem tangan dan pentingnya rem hidrolik jika terjadi kegagalan pada rem utama. Namun, jangan diterapkan saat rem utama masih beroperasi. Ini akan mengganggu keseimbangan rem dan kendaraan Anda akan kehilangan kendali.

Fungsi rem tangan
Fungsi dari rem tangan adalah untuk menjaga mobil Anda tetap di tempatnya saat rem kaki tidak berfungsi atau gagal. Tapi, fungsi utamanya adalah tetap berada dalam posis ketika sedang parkir hingga pengemudi menekan tombol pelepas. Ini cukup membantu karena dapat menghentikan mobil agar tidak mundur saat parkir di tepi jalanan atau permukaan yang tidak rata. Anda tidak perlu menggunakan rem tangan kecuali untuk parkir karena sistem rem pada kendaraan modern sangat hebat. Akan ada sedikit situasi darurat ketika Anda harus menggunakan rem tangan pada mobil Anda.

Itulah dia beberapa penjelasan tentang rem tangan yang ada pada mobil. Jangan lupa untuk selalu jaga keselamatan saat berkendara, ya!

Baca Juga, Lakukan Langkah Ini Ketika Ban Mobil Pecah Di Perjalanan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here