Informasi palsu, yang bahkan dianggap menyesatkan, kerap merajalela di kalangan pecinta otomotif. Salah satu pertanyaan yang selalu dicari oleh para biker adalah mengisi bahan bakar di SPBU pada malam hari. Banyak orang yang beranggapan jika mengisi bensin pada malam hari, takarannya akan lebih banyak dibanding mengisi pada pagi atau siang hari. Apakah ini alasan SPBU selalu ramai antrian pada malam hari? Otodiva.com telah merangkum dari beberapa fakta yang ada, mari kita simak!

Ternyata, anggapan tersebut memang dibenarkan oleh ahli konversi energi dari ITB. Mengapa bisa terjadi hal seperti itu? Karena sifat bensin sendiri yang mudah menguap jika di siang hari. Terlebih lagi jika bahan bakar tersebut ditempatkan di dalam tangki berbahan logam, efek pemuaiannya pun akan menjadi lebih cepat. Contoh sederhananya air, jika cairan ini diletakan di dalam kulkas akan menjadi dingin dan bisa menjadi beku. Jika dijemur di matahari maka akan menjadi hangat dan jika panas terik bisa juga memuai. Akan ada perbedaannya, jika beratnya ditimbang setidaknya bisa berbeda satu liter bensin. Namun, perbedaannya tidak terlalu berpengaruh pada perubahan volume bahan bakar.

Suhu cuaca pada siang hari di Jakarta dapat mencapai 32 derajat Celcius. Saat malam hari, dapat turun menjadi 29 hingga 30 derajat Celcius. Perbedaan dua derajat Celcius tidak akan terlalu berpengaruh pada volume bahan bakar. Kalau untuk jumlah tidak terlalu signifikan, apalagi di isi ke tangki mobil atau motor. Kecuali mobil truk yang kapasitas tangki pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM) mencapai 8000 liter.

Jadi kita bisa menyimpulkan, bahwa perbedaan berat dalam satuan ukuran isi liter bensin di siang hari dan malam hari, tidak terlalu berpengaruh apabila pemilik kendaraan hanya mengisi beberapa liter saja. Perbedaan akan terlihat jika pemilik kendaraan membeli bahan bakar dalam jumlah yang sangat banyak. Mungkin, banyak orang yang antri mengisi bensin saat malam hari karena tidak mau berpanas-panasan di siang hari. Berikut fakta mengisi bensin di malam hari, semoga bermanfaat!

Baca Juga, Tips Agar Bensin Tidak Cepat Habis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here