Home Tips Lakukan Langkah Ini Ketika Ban Mobil Pecah Di Perjalanan

Lakukan Langkah Ini Ketika Ban Mobil Pecah Di Perjalanan

0
18

Ledakan pada ban mobil dapat dengan cepat menyebabkan pengemudi yang tidak berpengalaman panik dan kehilangan kendali. Hal ini memang sangat menyeramkan bagi para pengendara mobil, tidak sedikit kasus kecelakaan akibat ban mobil yang pecah pada saat perjalanan. Sebelum membiarkan hal ini membuat Anda takut, ketahuilah bahwa ledakan ban tidak selalu berarti bencana, bahkan jika Anda bukan pengemudi profesional. Dengan mengikuti beberapa langkah sederhana, hampir semua orang dengan aman mendapatkan kembali kendali setelah ledakan. Berikut langkah yang perlu Anda ketahui untuk selamat dari ledakan ban pada saat perjalanan, dikutip Otodiva.com dari Fire Stone Complete Auto Care. Yuk simak!

1. Tetap tenang dan kendalikan mobil
Hal terbaik yang dapat Anda lakukan dalam beberapa saat pertama setelah ban Anda kempes adalah tetap kendalikan mobil Anda. Jangan memutar kemudi, jangan menginjak rem dan jangan lepaskan kaki Anda dari pedal gas. Salah satu dari tindakan ini dapat menyebabkan Anda tiba-tiba kehilangan kendali atas kendaraan dan berputar keluar. Tarik napas dalam-dalam dan jangan panik.

2. Luruskan arah kemudi mobil
Saat ban Anda kempes, Anda akan merasakan mobil seperti ditarik ke salah satu sisi. Genggam kemudi dengan kedua tangan yang kuat. Anda mungkin merasakan mobil bergoyang dengan kencang, tetapi sangat penting bagi Anda untuk menahan dorongan untuk memutar setir dengan tajam. Lakukan yang terbaik untuk menjaga kendaraan tetap lurus.

3. Lepas perlahan pedal gas
Dengan melepaskan pedal gas kendaraan secara perlahan setelah ban meledak, itu dapat membantu Anda mendapatkan kembali kendali atas kendaraan dengan mempertahankan momentum kendali pada kendaraan Anda untuk tetap lurus ke depan. Setelah Anda mendapatkan kendali, Anda bisa memberikan sinyal dengan menyalakan lampu hazard pada kendaraan.

4. Biarkan mobil melambat dengan sendirinya
Ban yang kempis akan bertindak seperti parasut, secara alami memperlambat kecepatan kendaraan Anda. Pada titik ini, Anda atau penumpang dapat menyalakan lampu darurat, karena Anda akan melambat dengan cepat hingga di bawah kecepatan minimum laju kendaraan. Lakukan yang terbaik untuk mengarahkan kendaraan lurus dan hindari memutar kemudi Anda secara mendadak.

5. Menginjak rem secara perlahan
Setelah kecepatan Anda turun di bawah 30 km/jam, injak rem perlahan – lahan. Saat Anda melambat ke kecepatan yang aman, sekitar 20 km/jam, Anda dapat memutar setir secara perlahan untuk memandu kendaraan Anda keluar dari jalan. Saat Anda keluar dari lalu lintas dengan aman, tarik napas dalam-dalam dan cari bantuan di sekitar Anda.

Itulah langkah yang harus di lakukan ketika ban mobil pecah pada saat perjalanan. Jaga keamanan saat berkendara, lakukan pemeriksaan pada kendaraan Anda secara rutin agar terhindar dari kecelakaan.

Baca Juga, Ternyata Ini Cara Mendeteksi Mobil Yang Rusak Akibat Banjir!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here