Vaksinasi adalah salah satu cara yang dianjurkan secara medis untuk memperkuat sistem imun tubuh kita terhadap berbagai penyakit. Salah satunya yang kini jadi perbincangan nasional dan dunia yaitu adalah vaksinasi virus corona. Beberapa tokoh dan warga negara Indonesia telah diberikan vaksin yang seharusnya dapat mencegah virus corona. Ketika datang ke tempat vaksin, itu hampir identik dengan anak-anak sebelum pandemi, tetapi tentu saja vaksinasi telah ditemukan berlaku untuk orang dewasa dan juga anak-anak. Ternyata ada beberapa vaksin yang bisa diberikan kepada orang dewasa. Dilansir dari berbagai sumber, setidaknya ada beberapa vaksin yang dibutuhkan oleh orang dewasa. Vaksin tersebut antara lain vaksin influenza, pneumonia, Hepatitis A dan Hepatitis B, cacar, human papillomavirus (HPV), rubella dan vaksin lainnya.

Nah, adapun efek samping vaksin ini bisa saja timbul, juga perlu menjadi perhatian bagi pengemudi mobil. Kondisi di mana seseorang yang baru mendapat suntikan vaksin Covid-19 dan harus mengemudi mobil menjadi sejumlah pertanyaan. Ini pertanyaan yang masuk logika, namun sejauh ini Indonesia belum memiliki efek samping yang berbeda secara signifikan dengan vaksinasi. Keselamatan berkendara jelas dipertaruhkan ketika ada gangguan, baik dari tubuh pengemudi maupun dari faktor eksternal. Jangan mengemudi jika mengalami efek samping setelah menerima vaksin corona.

Namun bisa jadi efek samping tersebut tidak terlalu mengganggu pada beberapa orang. Sebab, bisa dikatakan efek samping dari vaksinasi bisa berbeda-beda pada setiap orang. Jika setelah suntik vaksin Anda merasa pusing, mual atau bahkan muntah sebaiknya tunda dahulu untuk mengemudi pulang ke rumah. Tunggu sampai kondisi tubuh Anda benar-benar pulih dan normal lagi. Maka tips saat Anda hendak suntik vaksin di rumah sakit atau Puskesmas, sebaiknya tidak sendirian. Mintalah kerabat atau keluarga Anda yang bisa mengemudi untuk mengantarkan Anda suntik vaksin.

Jika Anda diwajibkan untuk menyetir setelah vaksin, jangan memaksakan diri untuk melanjutkan perjalanan jika ada gejala-gejala yang muncul di tengah perjalanan. Anda dapat memarkirkan mobil, lalu istirahat sejenak sampai gejala tersebut hilang demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga, Praktis, Ini Tips Rapid Antigen Di Mobil (Drive Thru)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here