Sepeda motor matic memang masih populer di kalangan masyarakat Indonesia dan kenyamanan serta kemudahan berkendara mungkin menjadi alasan utama. Namun, sebagai pemilik sepeda motor, kami menyarankan untuk tetap melakukan perawatan, terutama untuk bagian-bagian mesin.

Namun, banyak pengendara sepeda motor yang masih ragu untuk melakukan perawatan, sehingga mesin menjadi lamban. Bagi sebagian orang mungkin hal ini wajar karena usianya yang sudah bertahun-tahun, namun jika tidak segera dicek dan diperbaiki, tentu mesin bisa mengalami kerusakan lebih lanjut dan menjalar ke bagian lainnya. Nah, berikut beberapa faktor suara mesin motor matic berisik yang telah Otodiva.com rangkum untuk Anda!

Faktor pertama penyebab suara berisik motor matic Anda yaitu, roller yang sudah rusak. Kondisi ini biasanya ditimbulkan ketika roller sudah tidak berbentuk seperti semula. Roller yang masih bagus berbentuk bulat, namun karena seiring pemakaian motor bisa jadi hancur tidak berbentuk. Akibatnya suara mesin menjadi berisik dan performa motor menurun.

Faktor selanjutnya, yaitu kondisi V-belt yang sudah mulai aus maka akan mengganggu bagian CVT motor. Hal ini akan mengakibatkan tutup CVT atau crankcase sering tergesek belt. Tentu jika dibiarkan V-belt bisa rusak dan menimbulkan suara berisik, serta akselerasi motor jadi kurang nyaman.

Kemudian yang menjadi penyebab selanjutnya yaitu adanya plastik slider yang menutupi rumah roller. Jika dibiarkan terlalu lama, maka bunyi mesin akan semakin kasar bahkan bisa menimbulkan getaran dan gerakan pelat tutup roller semakin tidak stabil. Komponen plastik slider yang menutupi bagian roller juga bisa menjadi penyebab suara berisik. Faktor ini disebabkan bor yang sudah aus sehingga perlu diganti dengan yang baru.

Kondisi gearbox pada motor matic yang sudah rusak dan mulai aus bisa jadi faktor penyebab timbul suara kasar pada mesin. Hal ini menyebabkan celah antara mata gigi dan menyebabkan kondisinya jadi tidak presisi, tentu masalah tersebut membuat mesin motor jadi tidak enak didengar.

Terakhir, faktor yang sering orang lakukan yaitu mengegas motor matic secara berlebihan. Usahakan saat menggunakan motor matic untuk tidak memacu gas secara mendadak dan berlebihan. Sebagai contoh, saat berhenti di lampu merah kamu tengah bersiap untuk menarik pedal gas, lalu ketika lampu hijau menyala kamu menarik gas sedalam mungkin agar motor bisa melesat kencang. Walau sudah sering dianggap lumrah, namun sebenarnya cara ini membuat performa motor bisa menurun. Faktor ini disebabkan karna mesin motor dipaksa bekerja sekeras mungkin, alhasil kinerja mesin lama-lama akan turun dan bisa saja harus diservis dengan biaya besar.

Itulah beberapa faktor yang bisa menyebabkan motor matic Anda berisik.

Baca Juga,Cara Membuat Jok Motor Lebih Nyaman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here