Sebagai manusia, kita cenderung berpikir bahwa sesuatu yang tidak biasa seperti ini tidak mungkin terjadi pada kita. Pada saat kemudian terjadi dan Anda tidak tahu bagaimana cara menangani situasi ini. Statistiknya bahkan lebih menakutkan begitu seseorang melihat lebih dekat. National Fire Protection Association (NFPA) mengklaim bahwa 20% dari kebakaran yang ditanggapinya adalah kebakaran kendaraan. Menurut angka terbaru Administrasi Kebakaran AS, 83% kebakaran kendaraan melibatkan mobil penumpang. 

Maka dari itu penting untuk mengetahui ciri-ciri dan cara mengatasinya jika tiba-tiba mobil Anda meledak atau terbakar. Berikut infomasinya yang dikutip oleh Otodiva.com dari Carbuzz.com.

Ciri-ciri Potensi Kebakaran Mobil

Anda harus bisa mengidentifikasi tanda-tanda peringatan dini kebakaran mobil. Berikut adalah beberapa indikasi bahwa mobil telah terbakar atau mungkin akan terbakar.

1. Adanya bau plastik terbakar 
Hal ini bukanlah pertanda baik. Jangan abaikan dan berharap itu akan hilang begitu saja. Segera menepi, tunggu mesin agak dingin, lalu selidiki masalahnya.

2. Gas ​​memiliki bau yang sangat khas
Jika Anda dapat mencium bau bahan bakar di bagian dalam, artinya ada sesuatu yang salah pada mobil Anda. Karena bau gas ini tidak boleh masuk sampai ke kabin.

3. Temperatur mesin yang tinggi
Ini adalah tanda kerusakan mekanis yang parah.  Ini mungkin tidak menyebabkan kebakaran, tetapi hal ini perlu diselidiki.

4. Suhu di dalam mobil lebih tinggi dari yang seharusnya
Jika ini terjadi pada mobil Anda, hal ini perlu diselidiki juga. Panas catalytic converter yang tidak berfungsi pada akhirnya akan masuk ke kabin.

Apa yang Harus Dilakukan Saat Mobil Terbakar?

Jika Anda mengalami ciri ciri seperti diatas dan yakin mobil Anda sepertinya akan terbakar, ikutilah petunjuk keselamatan kebakaran berikut :

1. Jangan panik atau bertindak tidak menentu.

2. Menepilah ke sisi jalan jika sudah aman dan matikan mesin.

3. Buka sabuk pengaman Anda dan pastikan Anda dapat bergerak bebas sebelum membantu penumpang lain. Ketika berbicara tentang anak-anak, bantulah yang lebih muda terlebih dahulu karena mereka mungkin kesulitan membuka kunci kursi anak mereka. Jangan lupa perhatikan juga lalu lintasnya. Api jelas merupakan bahaya nomor satu, tetapi tidak mengurangi risiko bawaan parkir di tempat di mana kendaraan masih bergerak dengan kecepatan tinggi.

4. Menjauh dari kendaraan. Panasnya akan sangat hebat, dan ban bisa meledak. Suara ban yang terbakar bisa mengganggu, tapi setidaknya itu bukan mobil yang meledak. Zat yang mudah terbakar di dalam mobil juga dapat menyebabkan ledakan. Semakin tinggi level bahan bakar di tangki, semakin lama api akan bertahan.

5. Ketika semua orang telah keluar dari mobil dengan aman dan pada jarak yang aman, teleponlah untuk meminta bantuan.

Kebakaran kendaraan tidak terjadi sesering kecelakaan biasa, tetapi cukup sering untuk dikhawatirkan. Kesimpulan besar dari artikel ini adalah bahwa sekitar 50% penyebab kebakaran mobil dapat dihilangkan melalui pemeriksaan rutin dan akal sehat. Jika kendaraan Anda terbakar saat mengemudi, Anda harus menepi segera agar aman, segera keluarkan diri Anda dan penumpang depan dan belakang dari mobil dan menjauh darinya sebelum memberi tahu pemadam kebakaran. Sebuah mobil terbakar terjadi jauh lebih cepat dari yang Anda pikirkan.  Dalam kebanyakan kasus, mobil akan terbakar habis bahkan sebelum pemadam kebakaran tiba.

Baca Juga, Tips Menemukan Posisi Terbaik Saat Mengemudi Mobil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here