Menyalip atau mendahului kendaraan lain di jalan adalah hal yang legal untuk dilakukan. Seperti yang Anda ketahui, tidak semua pengemudi di jalan mengendarai kendaraan dengan kecepatan yang sama. Memiliki pengemudi mengendarai mobilnya dengan kecepatan lebih lambat adalah apa yang memungkinkan pengemudi mobil lain untuk lewat. Namun, Anda perlu memahami bagaimana cara berlalu lalang dengan aman saat berkendara demi keselamatan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya.

Namun, Anda juga harus mengetahui bahwa menyalip kendaraan di jalan tak bisa sembarangan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pengendara agar tak membahayakan pengguna jalan lain. Apalagi jika jalan yang dilalui hanya memiliki satu jalur. Simak beberapa cara aman yang anda bisa lakukan jika ingin mengendahului kendaraan lain yang sudah Otodiva.com rangkum untuk Anda!

Hal pertama yang sederhana namun sangat penting adalah memperhatikan keamanan. Anda mungkin merasa kesal ketika berada di belakang pengendara yang mengemudikan kendaraannya dengan lambat padahal tidak ada halangan di depan. Otomatis Anda ingin segera menyalipnya, ‘kan? Sebelum menyalip, ada baiknya perhatikan keamanannya dengan mempertimbangkan seberapa perlu Anda menyalip kendaraan di depan. Lihat kondisi jalan sekitar, apakah ada rambu dilarang mendahului karena kondisi jalan yang tak memungkinkan. Pastikan juga visibilitas Anda jelas sebelum mencoba menyalip. Juga pastikan tak ada kendaraan dari lawan arah untuk mencegah terjadinya tabrakan. Hindari untuk menyalip jika visibilitas Anda tak jelas, misalnya pada saat hujan dan pada saat berada di tikungan yang berisiko kecelakaan.

Hal selanjutnya yang harus Anda lakukan yaitu, memperhitungkan jarak dan posisi. Pastikan ruang dan jaraknya sudah cukup tersedia untuk mobil Anda. Jangan memaksakan jika memang ruang terlalu kecil karena resiko senggol antar mobil akan semakin besar. Setelah memastikan jarak aman, hal wajib yang harus diperhatikan juga adalah dengan memperhatikan posisi antara mobil Anda dan mobil yang ada di depan, belakang, samping kanan, dan samping kiri dengan selalu mengecek spion. Hal ini dikarenakan untuk menyalip, para pengemudi harus mengetahui apakah aman untuk melewati seluruh mobil yang ada disekitar.

Hal yang terakhir yaitu, jangan lupa untuk menyalakan lampu sein mobil Anda. Ini akan menjadi penanda bagi pengguna jalan lain sehingga mereka bisa mewaspadai bahwa akan ada kendaraan lain yang hendak menyalip. Jangan lupa untuk mengakselerasikan kendaraan Anda lebih cepat daripada seharusnya ketika menyalip supaya tidak membahayakan pengendara lain.

Baca Juga, Taliban Ambil Alih Kendaraan Taktis Militer Amerika yang Tertinggal di Afghanistan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here