Anda dapat membawa mobil Anda jika catnya terkelupas untuk diperbaiki ke bengkel, tetapi jika Anda ingin memperbaikinya sendiri, itu juga tidak masalah. Tahukah Anda hal apa saja yang perlu dipersiapkan? Nah, sebelum melakukannya yang pelu disiapkan yaitu kain lembut, cat dengan warna sama seperti body mobil, dempul, kompon putih dan kuas. Berikut langkah-langkah untuk menghilangkan cat mobil yang terkelupas. Yuk simak!

Pertama, Anda bisa menggunakan kompon putih untuk goresan kecil atau ringan. Jika cat mobil yang terkelupas tidak terlalu besar dan masih ringan. Anda bisa menggunakan kompon putih. Anda bisa mendapatkannya di bengkel atau di tempat sparepart mobil. Ingatlah untuk menggunakan kain lembut saat mengoleskan kompon ke permukaan mobil Anda yang tergores. Kemudian diamkan beberapa saat hingga olesan tersebut tercampur dengan bagian yang lainnya. Kemudian, gosok permukaan campuran tersebut dengan kain bersih hingga tidak ada goresan yang tertinggal. Jika memungkinkan, sebaiknya Anda juga menggunakan pelindung cat mobil untuk perlindungan yang maksimal.

Kedua, yaitu Anda dapat menggunakan warna cat yang senada untuk goresan yang dalam atau cukup berat. Jika permukaan mobil tergores, hilangkan dengan menggunakan cat yang senada ini sampai dempul terlihat. Kemudian tutupi bagian tersebut dengan cat yang sesuai dengan warna permukaan mobil. Tunggu dan biarkan sejenak hingga kering. Kemudian aplikasikan kembali kompon berwarna kuning. Terakhir, biarkan mengering hingga warnanya sama dengan bodi mobil Anda.

Tips selanjutnya, Anda bisa menggunakan touch pen dan tipe spray. Touch pen sangat baik digunakan untuk mengatasi cat mobil yang terkelupas. Selain itu, touch pen juga  bisa menghilangkan silicon ataupun karat yang menempel pada cat body mobil. Selain itu, hasilnya juga sangat baik bahkan tidak tampak bekas diperbaiki. Setelah catnya kering, gosoklah dengan cara pengamplasan. Tipe spray juga bisa digunakan untuk cat mobil Anda yang terkelupas. Namun membutuhkan tenaga yang lebih dan waktu yang cukup untuk melakukannya. Apalagi jika dilakukan oleh orang yang bukan ahli dibidang ini, maka hasilnya tidak cukup bagus. Sehingga bagi yang sudah berpengalaman lebih bagus hasilnya jika menggunakan ini daripada orang yang belum pernah menggunakannya sama sekali.

Kemudian, sebaiknya sebelum dicat, area disekitarnya dibersihkan dulu sebab hasilnya tidak baik jika langsung diaplikasikan cat sedangkan kotoran masih menempel. Lebih parahnya lagi, cat tersebut bisa saja rontok dan kembali terkelupas. Bagian yang akan diperbaiki dicuci bersih dengan sabun dan air hangat. Pastikan Anda mengetahui cara mencuci mobil yang benar. Cat dioles saat area yang dibersihkan tadi sudah benar-benar kering. Area pena cat diletakkan di bagian tengah yang terkelupas. Gunakan cat secukupnya jangan terlalu banyak, sebab jika berlebihan maka cat tersebut bisa menetes ke bawah hingga mengotori bagian yang tidak diperbaiki.

Yang terakhir, cat mobil Anda yang sudah dioleskan tadi ditunggu hingga benar-benar kering. Proses menunggu ini bisa memakan waktu lama hingga satu jam untuk kering sempurna namun tergantung juga dari jenis cat yang digunakan. Selanjutnya dicuci kembali area yang diperbaiki tadi.

Baca Juga, Ciri-ciri & Tips Menangani Mobil Yang Terbakar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here