Berbagai cara masing-masing yang orang lakukan pada saat menyetir. Ada yang tidak menggunakan alas kaki, ada yang menggunakan sepatu, ada juga yang hanya menggunakan sendal jepit. Untuk beberapa orang, tidak sedikit yang memilih mengemudi dengan menggunakan sendal jepit. Alasannya yaitu akan memberikan timbal balik yang lebih terasa saat menginjak pedal gas mobil. Juga, membuat kaki Anda lebih ringan dan tidak gerah. Namun, apakah aman menyetir menggunakan sendal jepit? Simak penjelasan berikut yang Otodiva.com sudah rangkum untuk Anda.

Praktisi Safety Riding dan Safety Riding Indonesia telah menyampaikan bahwa menyetir mobil dengan menggunakan sendal jepit adalah hal yang tidak direkomendasikan. Apa alasannya? berkendara tanpa menggunakan alas kaki apapun, alias nyeker, ternyata juga tak disarankan karena memiliki dampak buruk bahkan bisa membahayakan buat pengendaranya.

Ketika pengemudi menggunakan sandal jepit, bisa saja ketika digunakan untuk menginjak pedal pada mobil bisa terselip karena licin. Kondisi tersebut, tentunya bisa sangat berbahaya dan berpotensi menyebabkan kecelakaan. Misalkan, ketika pengemudi akan menginjak pedal gas lebih dalam tetapi keselip dan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Tak hanya itu, potensi buruk lainnya untuk sandal jepit dapat menyangkut di pedal sewaktu-waktu dan dapat mengakibatkan kecelakaan. Selain itu, penggunaan sandal jepit dapat mengganggu pergerakan pengendara antara rem dan gas hingga waktu 0.1 detik. Dikarenakan bentuknya dan kegunaannya yang kurang efektif bagi para pengendara, lebih baik Anda berhenti menggunakan sandal jepit dan beralih ke sepatu. Penggunaan sepatu terbilang cukup efektif karena alas kaki tersebut tidak longgar dan mampu menutup kaki sepenuhnya.

Selain itu, Anda dapat memilih jenis sepatu yang tidak tebal di bagian bawahnya guna mendapatkan alas yang fleksibel dan dapat mengikuti bentuk kaki secara normal. Dengan begitu, Anda akan lebih merasa aman karena penggunaan sepatu sudah pasti dapat merekat kepada seluruh bagian kaki. Keamanan tetaplah nomor satu, jadi pastikan bahwa Anda memperhatikan bagian-bagian penting dalam berkendara agar nyaman bagi pengendara maupun penumpang.

Baca Juga, Tips Keselamatan Untuk Para Wanita Yang Menyetir Sendiri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here