Home Tips Tips Untuk Para Ibu Agar Aman Mengendarai Motor Bareng Anak

Tips Untuk Para Ibu Agar Aman Mengendarai Motor Bareng Anak

0
13

Mengendarai motor bersama anak Anda adaah resiko yang sangat tinggi, namun jika Anda mengikuti peraturan dan tips-tips yang jelas, Anda tidak akan terlalu kesulitan untuk melakukan hal ini. Nah, berikut beberapa tips yang sudah Otodiva.com kutip dari Moms, untuk membantu para ibu-ibu yang ingin jalan-jalan menggunakan motor dengan buah hatinya. Yuk simak!

Mengenakan Helm yang Pas
Tindakan pencegahan keselamatan pertama yang harus Anda ambil adalah memastikan bahwa anak Anda memiliki helm. Belilah helm anak-anak yang pas di kepala si kecil. Para ahli merekomendasikan memilih helm dengan cakupan penuh dan chin-bar. Beberapa helm dilengkapi dengan pelindung wajah, tetapi jika Anda tidak bisa mendapatkannya, pastikan anak memakai kacamata.

Memakai Pakaian yang Tepat
Penting bagi anak Anda untuk mengenakan pakaian yang tepat selama perjalanan. Sama seperti helm, pakaian dapat membantu melindungi anak Anda jika jatuh. Pikirkan tentang cuaca saat memilih pakaian untuk dikenakan. Jaket kulit anak-anak tidak hanya keren, tetapi juga nyaman dan dapat membantu memberikan perlindungan jika jatuh. Belikan anak Anda jaket dan celana kulit atau denim yang tebal, serta beberapa sarung tangan khusus anak-anak.

Posisi Berkendara yang Benar
Menaikkan anak di depan Anda akan mengganggu kemampuan Anda dalam mengendarai sepeda motor. Anak juga lebih mudah jatuh. Jauh lebih aman bagi anak-anak untuk naik di belakang. Untuk keamanan tambahan, cari sabuk penumpang dengan pegangan untuk menjaga keamanan anak. Sabuk ini membantu memastikan bahwa anak melekat erat pada Anda selama perjalanan. Sabuk sangat berguna saat berkendara dengan anak-anak kecil yang kesulitan untuk berpegangan. 

Mengikuti Aturan Jalan
Ketika Anda memutuskan untuk pergi mengendarai sepeda motor, Anda harus memastikan bahwa Anda mengikuti aturan dasar jalan. Berpegang teguh pada aturan yang ditetapkan sangat penting ketika Anda memiliki penumpang anak. 

Sebelum Anda memutuskan untuk pergi bersepeda motor dengan anak-anak Anda, ada baiknya untuk mengajari mereka beberapa keterampilan dasar keselamatan. Anak kecil cenderung mudah lupa sehingga Anda harus mengajari mereka berulang kali. Berlatih naik dan turun dari sepeda dan ajari mereka bagaimana menjaga kaki mereka pada posisi yang benar.  Semoga tips diatas bisa membantu Anda dalam mengendarai motor di jalan bersama anak Anda, terutama anak yang masih kecil.

Baca Juga, Pentingnya Menjaga Jarak Aman Pada Saat Berkendara Di Jalanan

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here