Kita akan memasuki musim penghujan pada tahun 2021. Tidak heran jika setiap harinya kita akan disambut oleh hujan deras, petir dan banjir. Pada situasi ini, pengendara motor harus berhati-hati dalam beraktivitas keluar. Selalu sedia jas ujan atau baju ganti jika berkendara motor pada musim hujan seperti ini. Tidak sedikit dari pengemudi motor yang memilih untuk menrobos hujan saat dijalan, namun ada juga beberapa yang memilih untuk berteduh ditepi jalan. Manakah yang lebih baik? Mari kita simak penjelasannya yang sudah Otodiva.com rangkum untuk Anda!

Untuk Anda pengemudi motor yang masih suka menrobos hujan, sebaiknya Anda jangan melakukannya lagi dan pilih untuk berteduh ditepi jalan terlebih dahulu hingga hujan mereda. Kenapa tidak boleh? Ternyata ada banyak resiko buruk jika Anda menrobos hujan pada saat berkendara motor. Bahaya yang pertama yaitu untuk kesehatan Anda sendiri. Jika Anda sudah mengenakan jas ujan pun, masih tetap mengancam kesehatan Anda karena tubuh Anda kedinginan dan hal itu dapat membuat Anda pilek, batuk dan juga demam.

Bahaya yang selanjutnya yaitu adanya resiko kecelakaan. Rawan sekali terjadi kecelakaan karena jarak pandang Anda yang semakin kurang akibat terkena air hujan. Ini juga membuat fokus kita dalam mengendarai motor terganggu karna jalanan yang licin sehingga traksi/daya cengkram pada roda motor berkurang dan akan semakin berisiko untuk Anda. Banjir juga sering kali menjadi ancaman bagi pengendara. Tak jarang, akibat dari banjir yang menggenang di jalanan menyebabkan motor mogok. Untuk itu, kamu jangan nekat untuk menerjang banjir. Sebaiknya cari jalan lain yang lebih aman agar air tidak masuk ke dalam ruang mesin. Tidak hanya itu, pada saat hujan deras disertai angin kencang sering sekali dapat menyebabkan pohon tumbang, tiang listrik roboh dikhawatirkan juga aliran listrik akan menjalar ke elemen lain yang bisa membuat kamu tersetrum.

Dengan adanya beberapa bahaya yang sudah dijelaskan diatas, sebaiknya Anda tidak memaksakannya dan berfikir dua kali jika ingin menrobos hujan pada saat  berkendara motor. Jaga selalu keselamatan pada saat berkendara dijalan. Tidak hanya untuk diri Anda sendiri, namun juga untuk pengendara lain. Semoga artikel ini bermanfaat!

Baca Juga, Sering Jatuh Dari Motor? Ini Dia Tips Jatuh Yang Aman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here