Rantai adalah salah satu komponen motor yang paling penting dalam keamanan dan kenyamanan Anda saat berkendara. Salah satu komponen yang dapat memberikan fungsi untuk menyalurkan tenaga yang dihasilkan mesin adalah rantai, tenaga ini berfungsi untuk menggerakkan roda belakang agar motor dapat melaju lebih kencang lagi. Rantai ini juga memiliki masa expired yang jarang orang tahu. Akan tetapi, tergantung juga pada penggunaan rantai tersebut, jika melakukan perawatan yang tepat maka bisa saja rantai lebih awet dan tahan lama. Rantai yang sudah tidak layak pakai sangat berpengaruh pada laju motor, yaitu memberikan rasa tarikan gas yang lebih berat dan kurang maksimal.

Ada beberapa ciri yang harus Anda ketahui jika rantai pada motor Anda sudah harus diganti atau rusak yang telah Otodiva.com rangkum. Simak ciri tersebut!

Ciri yang pertama yaitu, Anda bisa mengetahuinya dari permukaan pada rantai motor Anda. Rantai yang terlihat aus menjadi sebuah ciri bahwa Anda harus menggantinya, sebab ini dapat mempengaruhi daya cengkeram rantai juga gear yang akan mengalami penurunan. Ini juga dapat mengakibatkan roda tidak berputar dengan normal.

Selanjutnya, jika terdengar suara bising pada motor Anda saat melaju dengan pelan. Ini dapat menjadi ciri bahwa rantai Anda sudah layak untuk diganti karena adanya kerusakan pada bagian kerangka rantai motor. Suara bising ini bisa terjadi karena kondisi rantai pada motor yang sudah mulai longgar lalu bergesekan dengan bagian permukaan komponen lain. Jika ini dibiarkan, maka dapat memperburuk kerusakan pada motor Anda sendiri.

Rantai yang kendor dan tidak presisi juga menjadi ciri rantai motor Anda rusak. Hal ini bisa dipastikan saat Anda mengencangkan rantai maka sangat terlalu kencang. Namun, bila dikendorkan, justru kondisinya sangat kendor. Sebaiknya, jika terjadi hal ini Anda segera menggantinya dengan rantai yang baru karena ini membuat rantai rentan putus dan dapat membahayakan keselematan Anda.

Kemudian, jika Anda merasa tarikan motor menjadi jauh lebih berat, ini termasuk rantai motor Anda sudah harus diganti. Pasalnya, perlu untuk Anda pahami bahwa rantai motor aus menjadi salah satu faktor penyebab daripada motor yang terasa kurang bertenaga. Sebab, ada perbedaan selisih waktu antara putaran gear depan dan gear belakang yang memicu putaran di area roda belakang jadi ikut telat.

Terakhir, jika posisi rantai pada motor Anda sering berubah-ubah maka hal ini juga termasuk ke dalam ciri-ciri bahwa rantai motor Anda rusak. Posisi pemasangan rantai yang tak presisi, tentu saja akan lebih mudah memicu masalah. Seperti motor tak bisa berjalan atau rantai putus secara tiba-tiba karena tidak pas pemasangannya. Maka dari itu, jika memang rantai sudah tidak bisa presisi lagi pemasangannya maka hal yang wajib Anda lakukan adalah mengganti rantai yang baru.

Semoga dengan mengenali tanda atau ciri rantai motor rusak dan perlu diganti, Anda dapat mencegah kerusakan pada motor kesayangan dirumah!

Baca Juga, Sering Jatuh Dari Motor? Ini Dia Tips Jatuh Yang Aman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here