Penting bagi wanita untuk menjaga dirinya saat mengendarai mobil, apalagi tidak ada teman atau keluarga disampingnya. Sebenarnya, bukan hanya wanita, laki-laki pun sangat perlu menjaga diri. Namun, banyak kasus yang terjadi saat wanita mengendarai mobil sendiri. Nah, berikut beberapa tips yang dikutip Otodiva.com dari StreetWice Defence agar kalian para wanita dapat mencegah hal-hal buruk yang akan terjadi. Yuk simak!

Parkir Di Tempat Yang Tidak Sepi
Ketika Anda memarkir mobil Anda, Anda perlu menyadari bahwa ketika Anda kembali lagi nanti, itu bisa menjadi lingkungan yang sama sekali berbeda. Jadi, ketika Anda parkir, pikirkan dua kali, tanyakan pada diri sendiri:

  • Apakah ada CCTV?
  • Parkir mobil buka sampai jam berapa?
  • Seberapa jauh Anda dari pintu masuk?
  • Seberapa lama Anda akan pergi dari parkiran?

Waspada Saat Hendak ke Mobil
Sebelum kembali ke mobil Anda, persiapkan diri Anda dan ikuti langkah-langkah penting ini untuk tetap aman:

  • Pegang kunci mobil di tangan Anda
    Pegang dengan erat sehingga Anda dapat menggunakannya sebagai senjata, jika perlu.
  • Lihat ke dalam mobil
    Lihatlah ke sekitar mobil dari kejauhan untuk memastikan tidak ada orang yang bersembunyi di balik kemudi atau di bawahnya.
  • Lihat lingkungan sekitar
    Apakah ada orang yang mencurigakan seperti berkeliaran atau duduk di sekitar mobil, apakah ada mobil yang diparkir di sebelah Anda, apakah ada orang yang mengikuti Anda, dan lain-lain. Ini sangat perlu diperhatikan, apalagi jika suasana sepi pada malam hari.

Masuk ke Mobil Anda

Sebelum masuk ke mobil Anda, periksa dengan cepat apakah ada orang di dalam kendaraan atau di belakang kursi belakang. Setelah Anda masuk, kunci pintu dan nyalakan mesin Anda. Jangan menunggu pintu terkunci secara otomatis saat Anda mengemudi dan jangan mulai melihat ponsel Anda, ini dapat memberi penyerang beberapa detik yang mereka butuhkan untuk melompat masuk atau menodongkan benda tajam kepada Anda. Jika seseorang mendekati mobil Anda, pergilah secepat mungkin. Jangan merasa harus berbicara dengan siapa pun, jangan buka pintu atau jendela, jangan khawatir akan bersikap kasar. Keselamatan Anda jauh lebih penting daripada terlihat kasar kepada orang yang tidak dikenal.

Tips diatas merupakan tips penting yang harus Anda lakukan, apalagi saat keadaan sepi dan mendesak. Hindari berkomunikasi dengan orang yang tidak dikenal.

Baca Juga, Masih Pakai Sendal Jepit Saat Menyetir? Simak Resikonya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here