Mencuci mobil merupakan kegiatan yang wajar dilakukan pada setiap pemiliknya. Ini berfungsi untuk menjaga mobil Anda tetap tampil bersih dan nyaman juga untuk Anda yang mengendarainya. Hal yang wajar jika mereka yang memiliki mobil konvensional, bagaimana dengan mencuci mobil listrik? Tidak sedikit mitos yang ada jika mobil listrik tidak boleh terkena air. Saat ini beberapa orang lebih memilih menggunakan mobil listrik karena ramah akan lingkungan. Tetapi, bagaimana cara mencuci mobil listrik yang baik dan benar? Mari kita simak tipsnya!

Faktanya, mencuci mobil listrik juga sama seperti mencuci mobil konvensional. Namun, ada beberapa perbedaannya dan yang harus dihindari dalam mencuci mobil listrik. Hal yang pertama yaitu, Anda harus menghindari menyemprot air ke engine bay atau ruang mesin. Akan berbahaya jika ada air dalam engine bay, karena didalamnya terdapat banyak komponen elektrik seperti ECU, converter, dan inverter yang sifatnya rentan terhadap air. Meski diklaim tahan air, jika kita terlalu sering mencuci mobil listrik akan membuat komponen didalamnya lembab. Cara membersihkannya bisa menggunakan lap microfiber.

Masing-masing mobil listrik memiliki ciri khasnya tersendiri, walaupun sudah dipastikan waterproof sehingga aman jika dicuci dengan air. Mobil listrik bisa tetap aman dicuci secara rutin menggunakan jasa car wash langganan, dan kita sebagai pemilik/pengguna tidak perlu khawatir. Karena mobil listrik sudah dirancang sedemikian rupa agar tahan terhadap air. Sebelum diproduksi, mobil listrik telah melalui serangkaian tes termasuk soak test atau mobil direndam dalam genangan air yang cukup tinggi. Hal ini untuk memastikan tidak ada kebocoran di komponen mobil. Mobil listrik aman jika dicuci menggunakan lifter, arena kolong mobil listrik sudah dirancang dengan komponen yang teruji dan dapat menahan air. Meski menggunakan penyemprot air bertenaga tinggi baterai dan interter akan tetap terlindungi dengan aman.

Terakhir, setelah mencuci mobil listrik Anda harus membuka kap dan menyentuh mesin terlebih dahulu. Fungsinya agar lebih baik mencuci mobil listrik saat kondisi mesin sudah dingin, bukan langsung setelah digunakan berkendara. Karena jika mobil listrik terbiasa dicuci dalam kondisi mesin masih panas, komponen bisa berkarat, renggang, dan lebih cepat rusak. Anda bisa menunggunya selama 15-30 menit untuk mencuci mobil setelah berkendara.

Baca Juga, Kabar Baik, Tempat Charger Mobil Listrik Bisa Dicari Melalui Google Maps

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here