Anda diliputi oleh tuntutan pekerjaan, kewajiban keluarga, dan beberapa tugas yang harus di selesaikan. Anda terlambat untuk mengganti oli mobil kendaraan. Ini adalah tugas lain dalam daftar tugas yang harus di lakukan, tetapi Anda meyakinkan diri sendiri untuk menundanya sampai minggu depan, mungkin bulan depan atau kapan pun itu. Oli adalah urat nadi kendaraan Anda. Oli melumasi dan melindungi semua bagian bergerak yang ada pada mesin mobil Anda. Menggantinya secara berkala adalah salah satu cara untuk mendapatkan kinerja tertinggi dari kendaraan yang Anda gunakan untuk menjalani kehidupan sehari sehari. Berikut ini beberapa kendala yang akan terjadi apabila Anda telat mengganti oli mobil yang sudah Otodiva.com kutip dari Fire Stone Complete Auto Care. Yuk, simak!

1. Mesin akan terlalu panas

Di beberapa mobil, mesin pembakaran internal juga menggunakan oli untuk proses yang disebut pendinginan oli.  Seperti namanya, oil cooling adalah penggunaan oli mesin sebagai pendingin. Mesin mobil menghasilkan banyak panas, yang mereka transfer ke minyak. Oli kemudian dilewatkan melalui jenis radiator yang disebut oil cooler, yang mengirimkan oli yang didinginkan kembali ke mesin panas untuk pendinginan terus menerus. Sistem pendingin ini mencegah mesin dari panas berlebih. Namun demikian, oli rusak pada suhu tinggi. Komposisi kimiawinya menjadi tidak stabil dan tidak mudah menyerap panas. Jika Anda tidak mengganti oli secara konsisten, Anda meningkatkan kemungkinan mesin akan cepat panas.

2. Kinerja mesin buruk

Selain pelumas, oli juga menjaga kebersihan mesin mobil Anda. Beberapa zat oli lainnya mengangkut kotoran ke filter bahan bakar yang diganti selama penggantian oli. Setelah filter Anda tersumbat, semua kotoran ini dipaksa untuk bersirkulasi kembali melalui mesin.

Minyak yang halus dan bersih berangsur-angsur menjadi lumpur kotor. Bagian mesin Anda yang bergerak harus berjuang dan memaksanya bekerja lebih keras. Semakin keras mesin Anda harus bekerja, semakin banyak bahan bakar yang akan terbuang. Itu berarti Anda akan lebih sering berhenti di tempat pengisian bahan bakar untuk mengisi bahan bakar mobil Anda.

3. Kegagalan pada mesin

Melakukan aktifitas dengan mobil secara rutin dan cukup lama tanpa mengganti oli, pada akhirnya bisa merugikan mobil Anda. Setelah oli menjadi lumpur, oli tidak lagi menarik panas dari mesin. Mesin mungkin terlalu panas dan meledakkan gasket atau berhenti bekerja. Mesin pada mobil yang meledak akan memaksa Anda langsung ke sisi jalan. Memperbaiki mesin yang meledak bisa menjadi perbaikan yang mahal, yang mungkin tidak masuk akal untuk mobil Anda tergantung pada usia dan nilainya. Mesin yang rusak biasanya harus diganti, dan tidak sulit membayangkan berapa biayanya. Sekali lagi, biaya perbaikan seperti itu bisa membuat Anda hampir harus membeli mobil baru.

Itulah dia beberapa hal yang akan terjadi jika tidak mengganti oli mobil kendaraan Anda secara rutin.

Baca Juga,Deretan Mobil Dengan BBM Paling Boros di Dunia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here