Pemilihan kaca mobil yang baik dan benar akan mempengaruhi penampilan mobil Anda. Apalagi sekarang sudah banyak model dan warna pada kaca film yang dapat disesuaikan dengan mobil Anda serta memodifikasi mobil yang dilakukan. Manfaat utama dari pemasangan jenis kaca film pada mobil Anda adalah untuk mengurangi cahaya matahari yang masuk ke dalam kabin. Dengan demikian, maka suhu kabin akan terasa lebih nyaman dibandingkan kaca yang tidak dipasang dengan kaca film. Selain itu, paparan sinar matahari yang mengandung ultraviolet dan sinar infra merah tentu memiliki efek yang kurang baik bagi kulit. Dengan kaca film, kita dapat mengurangi semua risiko tersebut.

Namun, apakah Anda tau bahwa jenis kaca yang diperdagangkan di Indonesia untuk mobil harus memiliki Standar Nasional Indonesia atau SNI dan dibuktikan dengan logo menempel. Tanpa adanya logo ini, kaca tidak dapat diperjualbelikan di Indonesia. Kaca mempunyai peran penting sebagai pelindung penumpang mobil. Maka dari itu, Anda harus memilih kaca, baik jenis dan juga ketebalannya. Mari kita simak perbedaannya dibawah ini!

Kaca mobil tempered, memiliki tekstur kaca yang sangat keras dan tidak mudah pecah meskipun terkena benturan. Banyak juga kendaraan umum seperti bus yang menggunakan kaca tempered. Kaca tempered dapat pecah ketika ditembus oleh benda tajam sampai 1/6 ketebalannya. Kaca ini dibuat dengan suhu 650 derajat celcius, dan jika pecah kaca ini akan berubah menjadi potongan sangat kecil sebesar biji jagung. Butiran pecahan kaca tempered juga tidak tajam jadi cukup aman.

Kaca mobil laminated merupakan kaca dengan ukuran tebal 2 mm di mana bagian tengahnya disisipi oleh lembaran film, sehingga sering dikenal dengan nama lamisafe. Lapisan film yang dibentuk lebih kuat dan tidak mudah pecah sama seperti kaca tempered. Selain itu karena adanya lembaran film, maka mampu menahan sinar UV sampai 96 persen. Kaca ini memiliki kelebihan mengamakan pengemudi dan penumpang dibagian depan.

Perbedaan dari kedua kaca diatas yaitu, pertama terdapat pada kekuatannya, pada kaca tempered memiliki kekuatan lima kali lipat dibanding kaca laminated. Kedua yaitu ada di lapisan film, kaca tempered tidak memiliki lapisan film sehingga perlu menambahkannya supaya suhu kabin tidak terlalu panas saat dikendarai siang hari. Yang ketiga, jika kaca tempered pecah, maka pecahannya akan lebih berbahaya dibandingkan kaca laminated. Karena kaca laminated tidak mudah pecah berkeping -keping berkat adanya lapisan film di tengah.

Baca Juga, 4 Cara Menghilangkan Jamur Pada Kaca Mobil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here