Kegiatan mengisi bensin atau bahan bakar minyak (BBM) adalah hal yang sudah menjadi kebiasaan untuk para pemilik kendaraan roda empat maupun roda dua. Beberapa pengendara roda empat memiliki kebiasaan yang dilakukan saat mengisi BBM, seperti turun dari mobil. Tidak sedikit juga yang memilih untuk berdiam di mobil saja karena malas keluar mobil. Namun, lebih baik mana dan apa saja resikonya? Simak fakta dan penjelasannya yang sudah Otodiva.com rangkum untuk Anda!

Faktanya, pada saat kita mengisi bahan bakar dan hanya berdiam diri di mobil, itu memiliki beberapa resiko yang dapat membahayakan Anda. Tidak hanya mengancam keselamatan Anda, tapi itu akan beresiko juga untuk orang lain. Saat kita mengisi bahan bakar tanpa keluar dari mobil, ada resiko listrik statis, maka dari itu akan dapat berpotensi terjadinya kebakaran. Contohnya yaitu, jika ternyata saat mengisi bahan bakar pintu mobil Anda dibuka tutup, atau juga saat nosel bahan bakar masuk ke dalam saluran tangki bahan bakar. Jawabannya memang lebih baik pengendara mobil turun atau keluar dari mobil pada saat mengisi bahan bakar minyak (BBM). Alasannya selain karena wujud kesopanan tersendiri, juga akan lebih aman untuk Anda, dan memudahkan jika ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, contohnya seperti kebakaran.

Namun, karena sekarang kita ada di masa pandemi covid-19 seperti saat ini, sangat dianjurkan untuk tetap di mobil alasannya untuk menghindari kontak fisik dengan petugas BBM. Jika Anda tetap memilih untuk turun, Anda bisa mentaati protokol yang ada dan berdiri di sisi mobil sambil menjaga jarak aman minimal 1 m dengan petugas BBM. Pembayaran direkomendasikan menggunakan cara non tunai. Jika mesti tunai dianjurkan membayar jumlah pas agar tidak ada kembalian. Seperti diketahui virus corona (Covid-19) bisa bertahan hidup di benda-benda mati, misalnya pada uang kertas. Ada kemungkinan Seseorang tertular ketika beraktivitas menyentuh mata, hidung, atau mulut setelah memegang uang.

Baca Juga, Isi Bensin Pada Malam Hari Untung Lebih Banyak? Simak Faktanya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here