Komponen yang memiliki peran yang cukup penting dalam kendaraan roda dua Anda adalah aki. Kita semua mengetahui bahwa aki merupakan salah satu bagian yang paling vital karena berhubungan dengan bagian kelistrikan pada kendaraan. Sehingga, aki memiliki perawatan yang tidak boleh diabaikan. Ada dua jenis aki sebagai komponen penyuplai aliran listrik, yaitu aki kering dan aki basah. Sebenarnya perbedaan di kedua jenis aki ini bukan hanya terletak pada bentuk elektrodanya saja. Aki kering bentuk elektrodanya seperti gel dan aki basah berbentuk cairan. Meskipun terdapat perbedaan, tapi kedua jenis aki ini sama-sama laris di pasaran. Ternyata, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat aki motor Anda lebih awet. Simak beberapa tipsnya yang sudah Otodiva.com rangkum untuk Anda!

Pertama, Anda harus rajin untuk mengecek kedua terminal aki dan jangan lupa untuk membersihkannya juga. Jika bagian ini kotor, kedua terminal aki tidak dapat menyebabkan penyaluran energi dengan maksimal dan berpotensi aki menjadi cepat rusak karena kondisi aki yang kotor dan berkerak. Bagian ini yang suka diabaikan oleh para pengguna sepeda motor, padahal itu memiliki peran penting untuk mengalirkan seluruh energi listrik ke bagian-bagian yang membutuhkan daya. Tidak hanya mengecek kedua terminal aki, Anda juga harus mengecek ketinggian aki pada motor Anda, apakah tinggi atau rendah. Ini sangat berdampak pada performa sepeda motor, jika dilupakan aki Anda bisa beresiko cepat rusak.

Selanjutnya yaitu, rajinlah untuk memanaskan motor Anda setiap hari. Walaupun Anda tidak ingin menggunakannya, Anda harus menyempatkan waktu untuk memanaskan sepeda motor sekitar 10-15 menit. Ini berfungsi agar komponen kelistrikan pada motor Anda tetap prima, termasuk aki. Yang terakhir, Anda dapat menghindari penggunaan aksesoris yang berlebihan pada sepeda motor Anda. Ini dapat menyebabkan aki cepat rusak, seperti menambah audio rakitan pada motor, dll.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat aki Anda lebih awet dan tidak cepat soak atau rusak.

Baca Juga, Ingin Mengganti Aki Mobil? Ini Hal Yang Harus Di Perhatikan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here