Sering sekali saat memarkir mobil dipinggir jalan, baik pengemudi atau penumpang membuka pintu dengan sembrono atau asal. Membuka pintu mobil dengan asal bisa mengancam keselamatan untuk pengguna jalan lain, dan juga keselamatan Anda sendiri. Sehingga, pengemudi maupun penumpang harus paham bahwa saat membuka pintu tidak boleh sembarangan. Hal ini sebenarnya terjadi akibat pengguna mobil yang lalai sampai akhirnya sering terjadi kecelakaan.

Mengemudi pada saat berada di jalan raya memang perlu kehati-hatian yang ekstra. Bahkan saat kita tidak sedang berkendara sekalipun. Sebab, banyak kejadian kecelakaan yang menyebabkan nyawa melayang. Dan justru kebanyakan yang menjadi korban adalah orang-orang yang tak bersalah. Untuk itu, Otodiva.com telah merangkum cara aman untuk membuka pintu mobil saat dipinggir jalan, simak penjelasannya!

Cara yang bisa Anda lakukan yaitu, sebelum pengemudi turun dari mobil sebaiknya melihat kondisi lalu lintas dari kaca spion mobil Anda. Ini bertujuan untuk melihat situasi dan kondisi sekitar, juga memastikan apakah aman untuk membuka pintu atau tidak. Jika ragu-ragu, Anda juga bisa melihat langsung ke belakang mobil dan memastikan bisa membuka pintu secara hati-hati dan perlahan. Membuka pintu jangan langsung full begitu saja, Tetapi membuka pintu mobil sebaiknya dilakukan secara perlahan-lahan. Selain itu, saat membuka pintu mobil tidak perlu dilakukan secara penuh, melainkan cukup untuk tubuh keluar dari mobil. Hal ini dianjurkan agar pengemudi lain bisa mengantisipasi saat Anda membuka pintu mobil, seperti menghindari.

Yang terakhir, jangan sembrono atau panik saat membuka pintu mobil. Sifat tergesa-gesa ini dapat membahayakan Anda, juga pengguna jalan yang lain. Jenuh dan capek setelah berkendara lama, membuat pengemudi jadi kurang awas dan cenderung sembrono. Tanpa berhati-hati dan langsung membuka full pintu mobil, sangat berpotensi kecelakaan untuk pengendara lain. Maka dari itu, Saat akan turun dari kendaraan pastikan kondisi sadar karena banyak pengemudi yang telah lelah kadang tingkat kewaspadaannya berkurang. Sehingga melakukan tindakan tanpa sadar dan tanpa persiapan terlebih dahulu.

Baca Juga, Jangan Sering Memutar Setir Mobil Hingga Mentok, Ini Bahanya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here