Di era pandemi covid-19 seperti ini, semua harus serba steril dan bersih. Dari mulai baju, sampai ke kendaraan. Ini dilakukan untuk menghentikan penularan virus covid-19. Sehingga kita dianjurkan pemerintah untuk mengurangi mobilitas keluar, juga rutin membersihkan barang dan kendaraan pribadi. Saat ini, banyak bagi pengendara mobil yang memilih untuk menyemprot cairan disinfektan ke bodi mobil, juga interiornya. Namun, ternyata terdapat dampak buruk dari menyemprot cairan disinfektan pada mobil kesayangan Anda. Apa saja dampak yang terjadi? Mari kita simak penjelasannya dibawah ini, yang sudah Otodiva.com rangkum untuk Anda.

Cairan disinfektan mengandung 70 persen alkohol, yang dimana jika Anda terlalu sering menyemprotkannya pada interior mobil Anda maka itu dapat merusaknya. Virus corona itu termasuk virus RNA yang tidak stabil dan rapuh. Hanya saja penyebarannya menyebabkan proses infeksi yang cukup agresif. Karena rentan maka semua disinfektan yang mengandung clorin atau alkohol bisa membunuhnya. Cairan disinfektan yang biasa digunakan untuk membersihkan lantai rumah biasanya mengandung klorida atau chloride yang bersifat korosif. Sebaiknya, jika memang diperlukan agar lebih merasa aman dari virus covid-19 bisa menggunakan disinfektan yang berbahan dasar air, jangan yang berbahan dasar kimia. Atau, bisa juga menggunakan cairan pembersih yang direkomendasikan untuk interior mobil. Kalau tak punya,  bisa memanfaatkan campuran air dan sabun bayi atau sabun antiseptik karena mengandung pH yang aman untuk lapisan interior mobil. Gunakan botol semprot, dan semprotkan cairan tersebut pada mobil Anda.

Memang akan jauh lebih nyaman berada di mobil yang bersih. Berbeda jika mobil Anda kotor selain bisa menjadi sarang kuman, bakteri, dan juga virus. Mobil yang kotor juga membuat pengemudi dan penumpang merasa tidak nyaman. Maka dari itu, Anda disarankan untuk rajin membersihkan mobil terutama bagian handle pintu, starter mobil, setir, tuas transmisi, seluruh tombol knob di dashboard, dan segala hal yang sering disentuh lantaran tangan merupakan media penghantar virus. Semoga Anda selalu terlindung dari virus covid-19, jangan lupa untuk selalu taati protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Baca Juga, Barang Ini Wajib Ada Di Mobil Anda Saat Pandemi!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here