Pada era modern saat ini, sudah mayoritas mobil memiliki fitur sunroof. Sunroof merupakan kaca yang bila dibuka mampu membentuk sudut tertentu atau naik menuju ke atas atap. Kaca atap dapat keluar sehingga udara bisa masuk melalui sunroof. Sistem ini dahulu digunakan sebagai teknologi ventilasi bus kota, dimana udara dapat mengalir bebas melalui ventilasi tersebut. Kelebihan fitur sunroof yang lainnya adalah visibilitas pemandangan yang lebih luas dibanding kedua model sebelumnya. Adapun model satu ini umumnya sudah dilengkapi tirai serta kaca Anti Ultraviolet. Tentu menjadi hal menarik bagi penumpang untuk dapat melihat taburan bintang di malam hari atau hijaunya pepohonan di siang hari.

Fitur sunroof ini, akan membuat mobil Anda lebih elegan dan mewah. Tidak hanya itu, ruangan pada mobil akan terlihat luas jika sunroof dibuka. Namun, ternyata sunroof juga perlu dirawat layaknya merawat kaca mobil Anda. Karena pada dasarnya sunroof juga memiliki material yang sama seperti kaca mobil, perbedaannya hanya terdapat di ketebalannya. Sunroof memiliki material kaca yang lebih tebal dibanding kaca mobil. Dibawah ini, Otodiva.com telah merangkum bagaimana cara merawat sunroof mobil Anda dengan baik dan benar. Yuk simak!

Walaupun dinamakan sunroof, ternyata sunroof tidak baik jika terpapar sinar matahari langsung. Hal ini karena jika terlalu lama terkena paparan sinar matahari, sunroof akan cepat kusam juga berjamur. Tidak hanya itu, karet pada sunroof pun akan getas sehingga jika ada air hujan atap mobil bisa bocor ke kabin mobil. Maka, sebaiknya hindari paparan langsung dari sinar matahari agar sunroof Anda lebih awet.

Kemudian, selalu pastikan bahwa saluran air pada sunroof bersih. Kaca sunroof selalu memilki pembuangan air yang terletak pada belakang kaca. Bagian itu jangan sampai kotor, karena jika iya bisa menyumbat saluran air. Cara membersihkannya bisa dengan menyiram air ke salurannya untuk mengeluarkan kotoran-kotorannya.

Cara merawat sunroof yang terakhir, jangan lupa selalu perhatikan bagian sliding rail. Sliding rail berfungsi membuka kaca agar ruang kabin terlihat lebih luas, dan menyatu dengan alam. Jika pada bagian sliding rail mengeluarkan bunyi-bunyi, tandanya pada bagian itu terdapat kotoran yang menyumbat. Atau bisa juga, membutuhkan pelumas.

Baca Juga, Jangan Asal, Ini Cara Aman Buka Pintu Mobil Saat Di Pinggir Jalan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here