Saat mengemudi ke suatu tujuan yang kita tidak hafal atau tidak mengetahui lokasi jelasnya, pasti kita harus menggunakan peta digital seperti Google Maps. Akan tetapi, terkadang maps pun bisa membawa kita tersesat, lho.

Peta digital akan memberikan informasi petunjuk arah dan memberikan solusi rute terbaik melalui informasi lalu lintas real-time yang didapatkan. Notifikasi lalu lintas, lajur mana yang harus digunakan, kapan waktu untuk belok, hingga saran untuk rute yang lebih baik akan Anda dapatkan dari navigasi suara. Namun, perlu diketahui bahwa navigasi tidak ditujukan untuk kendaraan besar atau kendaraan untuk kondisi darurat. Ada beberapa cara mudah untuk Anda yang mengemudi sambil menggunakan peta digital. Simak cara dibawah yang sudah Otodiva.com rangkum untuk Anda!

Pertama, Anda harus memastikan bahwa maps yang digunakan khusus jalur mobil, karena jika tidak biasanya google maps bisa menyesatkan Anda ke jalan-jalan kecil yang hanya bisa dilalui oleh motor. Maka, pastikan mengatur peta sesuai kebutuhan Anda. Selanjutnya, Anda bisa amati rute yang akan dilewati. Cari tahu apakah rutenya sedang macet atau ada gangguan lalu lintas seperti kecelakaan yang akan buat perjalanan Anda akan terganggu. Kalau perlu cari tahu beberapa tempat seperti SPBU di rute perjalanan misalnya, jika memang Anda butuh mengisi bahan bakar. Jika sudah memastikannya, Anda baru bisa memulai perjalanan.

Kemudian, walaupun membaca maps Anda juga harus tetap fokus dalam mengemudi. Sebaiknya, Anda menggunakan fitur navigasi suara pada maps. Sehingga, Anda bisa tetap fokus mengemudi sambil mendengarkan navigasi dari maps. Perhatikan dengan seksama panduan suara tersebut dengan tetap memperhatikan kondisi lalu lintas. Jika memang ingin kembali melihat ke peta, minggirkan kendaraan Anda ke tempat aman terlebih dahulu.

Yang terakhir, jika Anda merasa jalan yang dituju salah, atau kebingungan akan navigasi dari maps, jangan ragu untuk bertanya kepada orang sekitar. Karena walaupun teknologi GPS terkini, namun tingkat keakuratan peta digital tak menjamin 100 persen. Silahkan bertanya dengan orang lain menggunakan bahasa yang jelas, dan juga sopan, ya.

Baca Juga, Tips Mencegah Tabrakan Dari Belakang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here