Mata lelah merupakan gangguan yang terjadi akibat mata digunakan dalam jangka waktu lama tanpa istirahat. Selain terlalu lama menatap layar komputer atau gadget, mata lelah juga bisa disebabkan oleh hal lain, seperti mengendarai kendaraan dengan jarak yang jauh. Saat mengemudi, khususnya roda empat akan menjadi masalah serius jika Anda mengemudi dengan keadaan mata lelah. Ini dapat berpotensi untuk terjadinya kecelakaan. Maka dari itu, sebaiknya jangan nekat untuk mengemudi jika Anda merasa kondisi tubuh dalam keadaan tidak fit. Dibawah ini, ada tips untuk menghindari mata lelah saat mengemudi. Simak penjelasannya yang sudah dikutip oleh Otodiva.com!

Pertama, Anda bisa membasuh wajah dengan air. Hal ini bertujuan agar mengurangi rasa ngantuk, lelah dan memberikan efek segar. Jadi, selalu sediakan air putih di mobil Anda sehingga tidak perlu lagi keluar mencari toilet untuk membasuh wajah.

Selanjutnya yaitu, Anda harus memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi. Sebaiknya, untuk minuman perbanyak minum air putih dan untuk makanan Anda bisa menghindari makanan yang membuat Anda terlalu kenyang sehingga menyebabkan rasa ngantuk pada saat mengemudi. Gantilah dengan snack, atau makanan ringan lainnya atau bisa juga Anda memakan permen mint yang akan membuat Anda lebih segar dan juga mengurangi rasa ngantuk Anda.

Kemudian, Anda bisa mencoba untuk menetesi mata dengan obat mata yang sesuai dengan anjuran dokter. Hal ini berfungsi untuk membuat mata Anda adem dan nyaman.

Cara selanjutnya yang bisa diterapkan adalah memijat area mata. Ketika mata sudah terasa lelah, kita bisa melakukan pijatan lembut pada kelopak mata, otot atas alis, dan atas pipi. Pijat bagian tersebut sampai kita merasa segar kembali. Tujuan memijat area mata tersebut adalah untuk merangsang kelenjar air mata agar membuat mata kita terasa lebih segar kembali. Terakhir, jika memang sudah tidak kuat menahan rasa lelah, Anda bisa beristirahat sejenak di rest area. Jangan nekat untuk terus mengemudi, karena akan berbahaya untuk Anda dan pengemudi lainnya.

Baca Juga, Tips Mencegah Tabrakan Dari Belakang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here