Baru-baru ini apple telah memberikan pernyataan bahwa kamera iphone akan turun kinerjanya jika terpapar getaran dengan amplitudo tinggi ya seperti getaran pada mesin motor. Seperti kita tahu, produk iPhone dibekali dengan kualitas kamera yang sangat baik. Sehingga poin itu juga jadi salah satu yang paling dipikirkan juga oleh Apple sebagai produsennya untuk pertahankan kualitas. Tapi ternyata kualitas kamera iPhone juga bisa menurun disebabkan getaran mesin sepeda motor. Beberapa pengemudi motor menempelkan aksesoris untuk bisa meletakkan handphone di setir motor. Ini biasanya dilakukan untuk google maps, seperti para pengemudi gojek dan grab. Namun apa yang bisa membuat kinerja kamera iphone menurun jika diletakkan pada setir motor? Mari kita simak penjelasannya dibawah ini, yang telah dikitip Otodiva.com untuk Anda!

Apple menjelaskan bahwa kamera iPhone yang dilengkapi dengan optical image stabilization (OIS) atau closed-loop autofocus (AF) rentan terhadap kerusakan yang disebabkan oleh getaran karena adanya gyroscope dan/atau sensor magnet yang membantu mengurangi getaran atau pergerakan saat mengambil foto atau video. Dengan itu, apple tidak menyarankan untuk memasang iPhone di sepeda motor, karena getaran dapat ditransmisikan melalui setang dan sasis sepeda motor. Selain getaran amplitudo tinggi, smartphone tersebut juga rentan terhadap gangguan magnetik dari beberapa aksesori iPhone. Untuk itu, Apple awal tahun ini menyarankan agar pengguna melepas aksesori bermagnet yang tidak terlalu dibutuhkan.

Jika Anda tidak sengaja menggerakkan kamera saat mengambil gambar, gambar yang dihasilkan bisa buram. Untuk mencegah hal ini, beberapa model iPhone memiliki optical image stabilization (OIS). OIS memungkinkan Anda mengambil foto yang tajam bahkan jika Anda tidak sengaja memindahkan kamera. Dengan OIS, giroskop merasakan bahwa kamera bergerak. Untuk mengurangi gerakan gambar, dan keburaman yang dihasilkan, lensa bergerak sesuai dengan sudut giroskop.

Ada baiknya tidak meletakkan iphone pada setir motor. Ini untuk keawetan kamera iphone Anda. Selain itu, Apple juga menyarankan agar menggunakan dudukan peredam getaran untuk mengurangi risiko pada ponsel yang ingin dipasang di atas motor atau skuter. Juga, menghindari penggunaan iPhone yang dipasang secara teratur dalam waktu lama pada kendaraan tersebut.

Baca Juga, Ini Dia Dampak Melapisi Stiker Pada Headlamp Motor!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here