Spakbor motor adalah salah satu komponen penting pada motor. Ini berfungsi untuk pelindung bagi penumpang maupun pengendara agar tidak terkena cipratan air ban motor saat hujan. Ini terletak dibagian depan dan belakang motor. Sebagaimana yang telah diatur dalam Peraturan Pemerintah No. 55 Tahun 2012 Pasal 40 bahwa spakbor merupakan komponen yang wajib terpasang di setiap kendaraan baik motor maupun mobil. Oleh sebab itu, Anda tidak boleh menganggap remeh dengan melepas dan memasang spakbor. Nah jika kalian sembarangan melepas spakbor, maka siap-siap ada hukuman yang menanti, berupa denda sebesar Rp 250.000 atau yang terburuk berupa kurungan selama 1 bulan.

Namun, spakbor motor juga dapat memberikan tampilan keren pada sepeda motor Anda. Mungkin, jika tidak ada spakbor, motor akan terlihat biasa saja. Sering kali pengguna asal melepas dan memasang spakbor, dan menganggap itu tidak masalah. Padahal hal itu bisa menghilangkan fungsi spakbor tersebut. Spakbor motor merupakan bagian yang harus dirawat, bagaimana cara merawatnya? Simak cara mudah merawat spakbor motor dibawah ini yang telah Otodiva.com kutip untuk Anda.

Cara pertama yaitu Anda bisa menggunakan polish spakbor agar spakbor tidak mengalami pengikisan. Anda bisa melakukannya setelah mencuci motor, lalu jika motor sudah dalam keadaan kering, Anda bisa menggosok secara perlahan seluruh bagian spakbor hingga warnanya menjadi hitam seperti baru.

Cara selanjutnya gunakan minyak goreng untuk menghitamkan spakbor motor Anda. Anda bisa memakai microfiber atau kanebo untuk mengoleskan minyak goreng ke bagian spakbor secara perlahan-lahan. Oleskan secara merata, dan tunggu hingga 30 detik. Setelah itu, bilas dengan kanebo lagi.

Cara terakhir, jangan lupa untuk membersihkan spakbor motor Anda dengan rutin agar terhindar dari karat. Anda bisa menggunakan peralatan yang ada di rumah seperti air dan sabun untuk mencegahnya. Lalu, mulai dengan mencuci spakbor dengan air bersih setiap Anda selesai menggunakan motor. Sering mencuci spakbor akan membuat komponen ini berusia panjang dan tidak mudah berkarat.

Baca Juga, Ini Dia Dampak Melapisi Stiker Pada Headlamp Motor!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here