Bagi pengendara yang masih pemula, pastinya akan merasa gugup jika mengendarai di jalan bebas hambatan atau jalan tol. Ini karena, saat mengendarai mobil di jalan tol dengan kecepatannya yang diatas rata-rata. Bentuk jalan tol yang lurus dan didukung pula dengan kecepatan konstan yang harus dipenuhi, dapat membuat pengendara bosan sehingga dapat menyebabkan rasa kantuk ataupun melamun. Kegiatan ini sangat berbahaya bagi diri Anda dan juga pengendara lain.

Banyak ditemukan kecelakaan yang terjadi di dalam tol akibat mengantuk dan melamun sehingga mobil keluar jalur atau menabrak kendaraan lain yang ada di depannya. Jika mengantuk, sebaiknya segera dengarkan lagu dengan irama yang bersemangat atau berhenti sejenak untuk tidur. Nah, berikut beberapa tips untuk berkendara di jalan tol bagi pemula, simak beberapa tipsnya dibawah ini!

Tips yang pertama, bagi Anda yang masih pemula dalam berkendara, pada saat mengemudi di jalan tol harus memperhitungkan jarak antar mobil. Hal ini bertujuan untuk menjaga keselamatan Anda juga pengemudi yang lain. Perkiraan jaraknya sekitar 10-20 meter atau jarak selisih waktu dengan kendaraan di depan Anda 3 detik.

Tips selanjutnya yaitu, jangan lupa untuk memberikan tanda atau sein jika ingin berpindah jalur. Hal ini sangat penting, karena untuk memastikan bahwa tidak ada mobil bergerak di lajur jalan yang sama. Namun, Anda harus memberikan tanda sebelum ingin berpindah jalur. Jangan lupa juga selalu melihat spion mobil.

Tips berikutnya, Anda harus selalu fokus dan waspada jika mobil lain ada yang meningkatkan kecepatannya. Beragam pengemudi yang ada di jalan tol, ada yang membiarkan Anda mendahului mereka. Ada pula yang merasa kurang senang ketika Anda mendahului mobilnya dan menganggap hal ini sebagai tantangan balapan. Orang yang seperti ini biasanya justru akan menambah kecepatannya ketika Anda mendahuluinya. Apabila terjadi hal seperti itu, sebaiknya menjauh dari pengendara tersebut karena itu hanya akan membahayakan keselamatan Anda. Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika berkendara di jalan tol. Selalu menjaga keselamatan dan selalu safety riding, ya!

Baca Juga, Susul China, Tak Perlu Lagi Berhenti Saat Bayar Tol di Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here