India merupakan salah satu negara terpadat di dunia. Kemacetan pun sudah menjadi hal wajar yang terjadi di India. Sehingga, bunyi klakson di jalan raya sering sekali terdengar. Bunyi klakson berfungsi untuk berkomunikasi antar kendaraan. Namun, jika digunakan secara yang berlebihan tentu tidak baik dan bisa menggangu. Karena itu, Menteri Perhubungan India, Nitin Gadkari, rupanya memiliki ide yang cukup unik untuk mengurangi polusi suara dari klakson. Ia berencana membuat aturan tentang suara klakson mobil yang akan terdengar seperti seruling. Kementerian Perhubungan sedang bekerja keras untuk membuat aturan perubahan suara klakson.

Bunyi klakson yang berlebihan pada pagi hari sangat mengganggu orang yang beribadah menurut Gadkari. Suara klakson sangat merusak keheningan dan kedamaiannya di pagi hari. Dengan itu, ia mulai berfikir untuk mengubah suara klakson di India menjadi instrumen seperti table, perkusi, biola, bugle, dan seruling.

Pada kenyataan, suara klakson di India memang sangat tinggi mencapai 112 desibel, sedangkan untuk kereta klaksonnya bisa mencapai 130-150 desibel. Suara klakson memang bisa menyebabkan polusi udara, namun tak ada zona tanpa klakson di India karena faktor kepadatan dan kemacetannya. Ditambah lagi, kendaraan-kendaraan yang tidak mengikuti aturan tentang klakson.

Tidak hanya sekedar itu, bunyi klakson yang berlebihan juga dapat menyebakan masalah yang berkesinambungan untuk gendang telinga Anda. Di India polisi kini dipersenjatai dengan alat pengukur suara yang bisa mengukur kebisingan suara. Kalau melebihi ketentuan, polisi akan menilang kendaraan itu. Sayangnya ada wilayah-wilayah lain di India yang tidak menerapkan aturan itu. Karena, hal ini memang menjadi masalah yang cukup serius di India.

Penggunaan klakson yang berlebihan bisa membuat orang-orang menjadi tuli, tidak hanya itu belum lagi suara klakson bisa membuat stres dan bisa terkena serangan panik. Sekadar informasi, suara klakson yang nyaring digunakan di lokomotif kereta untuk memberi tahu pengguna jalan lainnya. Ditambah lagi, kendaraan ekspedisi yang menggunakan suara klakson dengan nyaring untuk memberi tahu bahwa mereka tersesat.

Baca Juga, Ini Dia Langkah Berkendara Motor Yang Tepat Saat Kemacetan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here