Fitur auto lock pada mobil merupakan kendali otomatis dari ECU (Electronic Computer Unit). Walaupun disuplai listrik, belum pasti penyebabnya di bagian kelistrikan. Auto lock pada mobil sering tidak berfungsi tiba-tiba. Jika hal ini terjadi, sebaiknya Anda periksa beberapa bagian dari pintu mobil dan kunci mobil Anda terlebih dahulu, dan jangan panik atau takut. Untuk mobil yang memilki fitur smart key, auto lock mobil bisa tidak berfungsi jika Anda membawa kunci keluar. Nah dibawah ini, ada beberapa penyebab serta solusi jika auto lock mobil Anda tidak berfungsi, yang sudah Otodiva.com rangkum untuk Anda. Simak yuk!

Auto lock mobil biasanya tidak berfungsi karena biasanya pengemudi lebih suka membuka kunci dari tuas manual. Ketika ada penumpang yang ingin keluar dari kendaraan, biasanya pengemudi membuka kunci secara manual dari pintu di sampingnya. Sehingga, semua kunci pintu akan terbuka. Akan tetapi, karena fungsi otomatis dan manual saling berkesinambungan melalui seling kawat, maka bisa terjadi masalah karena kebiasaan ini. Jika kebiasaan ini rutin Anda lakukan, maka kawat seling menjadi jenuh hingga bisa patah, layaknya kawat yang dibengkokkan berulang-ulang. Tidak hanya itu, penyebab lainnya juga ada pada kabelnya. Jika kabel putus atau kotor, maka akan terjadi error pada auto lock mobil Anda.

Akan tetapi, jangan panik jika auto lock pada mobil Anda macet dan tidak berfungsi. Solusinya yaitu, Anda bisa memeriksa kawat penghubungnya. Pertama-tama, bukalah doortrim pintu yang fungsi auto lock-nya tidak berfungsi. Kemudian periksa bagian kawat penghubung motor penggerak dan juga tuas penutup pintu. Jika permasalahannya ada pada kawat yang putus, cobalah diganti dengan yang baru. Proses penggantian ini bisa Anda lakukan sendiri.

Untuk mencari jenis yang pas, bawa saja kawat putus tersebut ke toko peralatan mobil. Tapi tak semua masalah membutuhkan penggantian kawat. Apabila Anda menemukan adanya kawat penghubung yang putus pada bagian di ujung, Anda bisa mengulur kawat ke bagian sisi sehingga kawat akhirnya bisa dikaitkan pada baut. Namun, kalau penyebabnya dikarenakan ujung kawat putus, Anda harus mengulur sedikit sisi lainnya supaya yang putus bisa kembali diikatkan ke baut.

Baca Juga, Cara Mudah Merawat Sunroof Mobil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here