Menurut dalam Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2019, menggunakan sarung tangan dalam berkendara adalah salah satu wujud kelengkapan keselamatan. Sarung tangan ternyata memiliki banyak fungsi, dan menjadi salah satu peran penting dalam safety riding selain jaket, helm, dan sepatu. Sarung tangan dan masker merupakan dua perlengkapan yang wajib digunakan pengendara sepeda motor saat berkendara ditengah PPKM di Jakarta.

Penggunaan masker saat mengendarai sepeda motor berfungsi untuk mencegah masuknya debu dan kotoran ke hidung maupun mulut. Sementara sarung tangan, untuk meminimalisir luka berat jika terjadi kecelakaan. Hal tersebut guna mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19). Dibawah ini, Otodiva.com telah merangkum pentingnya untuk kita menggunakan sarung tangan saat berkendara roda dua khususnya di saat pandemi covid-19 ini!

Fungsi penting yang pertama adalah sebagai perlindungan untuk tangan Anda. Pada saat berkendara, kelamaan menggenggam stang motor bisa membuat tangan Anda berkeringat, hal ini dapat menyebabkan lecet. Nah, dengan menggunakan sarung tangan dapat mencegah lecet tersebut, ataupun gesekan yang lainnya yang menimbulkan ketidaknyamanan karena getaran yang dihasilkan saat berkendara di jalan.

Selanjutnya, sarung tangan berfungsi sebagai grip. Jika Anda berkendara disaat musim penghujan, ada baiknya menggunakan sarung tangan. Hal ini bertujuan untuk memudahkan Anda mencengkram setang motor dalam keadaan basah atau lembab karena adanya grip. Nah, semakin baik kualitas sarung tangannya semakin baik juga grip untuk bisa kontrol sepeda motor saat berkendara roda dua. Sarung tangan juga berfungsi untuk menghangatkan tangan Anda pada saat musim penghujan.  Sarung tangan akan membantu Anda menghindari hipotermia saat melintasi daerah yang dingin. Namun, di musim kemarau sarung tangan juga berfungsi melindungi kulit dari sengatan sinar matahari.

Untuk fungsi yang terakhir, sarung tangan berfungsi untuk membantu mengurangi potensi luka serius jika suatu saat terjadi kecelakaan pada Anda. Sarung tangan dapat menjadi fungsi yang paling esensial dari penggunaan sarung tangan saat mengendarai motor. Biasanya, pada saat terjadi benturan atau terjatuh, gerak refleks tangan akan langsung melindungi bagian tubuh yang lainnya dan ini berpotensi menyebabkan tangan terluka. Maka dari itu, sangat penting untuk memakai sarung tangan.

Baca Juga, Tips Berkendara Di Jalan Tol Untuk Pemula!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here