Spion merupakan salah satu komponen pelengkap sepeda motor, tidak hanya itu spion juga menjadi bagian penting pada motor. Spion berfungsi sebagai alat bantu memantau kondisi dan situasi bidang pandang yang tidak terlihat pengendara. Pada umumnya, spion memang terdapat dua buah yang terpasang pada motor. Nah, simak alasan mengapa spion terdapat sepasang pada motor Anda yang sudah dirangkum oleh Otodiva.com!

Alasan mengapa kaca spion ada sepasang pada motor yaitu seperti yang telah di atur pada UU RI No. 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan pasal 285 ayat (1). Pasal 285 ayat (1) menerangkan setiap pengendara sepeda motor yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan seperti spion, lampu utama, lampu rem, klakson, pengukur kecepatan, dan knalpot, dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu. Dan dipertegas lagi dalam peraturan PP RI No.55 Tahun 2012 pasal 37 tentang kendaraan.

Dalam pasal 37 diungkapkan Kaca Spion Kendaraan Bermotor sebagaimana dimaksud dalam pasal 35 huruf (b) harus memenuhi persyaratan, yaitu Berjumlah 2 (dua) atau lebih dan dibuat dari kaca atau bahan lain yang dipasang pada posisi yang dapat memberikan pandangan ke arah samping dan belakang dengan jelas tanpa mengubah jarak dan bentuk objek yang terlihat.

Kesimpulannya adalah spion ada sepasang bertujuan untuk mengurangi blindspot dari berbagai arah samping kanan dan kiri. Kondisi yang baik itu pada saat kaca spion berada di dua sisi. Dengan melihat spion sebelum berpindah jalur, dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan. Komponen ini menjadi alat bantu untuk memantau gerak-gerik mencurigakan sebagai pencegahan tindak kriminalitas. Khususnya situasi rawan seperti malam hari, sehingga pengendara bisa lebih menyikapi dan mengambil keputusan untuk menjaga diri. Selain itu, pemasangan spion pada motor Anda juga tidak boleh asal pasang. Posisinya sudah dirancang sedemikian rupa oleh pabrikan untuk masing-masing jenis motor. Rata-rata memiliki ukuran tingginya 75 sampai 80 mm dan lebar 130 hingga 140 mm.

Baca Juga, Ini Dia Pentingnya Kaca Spion Saat Berkendara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here