Karat terjadi karena beberapa faktor. Faktor penyebab timbulnya karat pada mobil antara lain, terlalu sering melewati wilayah dengan kondisi jalanan kotor, atau malas mencuci mobil. Namun, penyebab utama terbentuknya karat adalah oksidasi, besi dapat teroksidasi karena sering terpapar langsung di tempat yang tidak memiliki lapisan pelindung, seperti cat atau cat dasarnya. Oleh karena itu, karat sering muncul di tempat-tempat yang catnya sudah rusak, seperti tergores, cat mengelupas. Juga, karat sering muncul pada mobil yang dikendarai dalam waktu lama di daerah dekat laut, hal ini disebabkan oleh udara lembab dengan kandungan garam yang tinggi akan mempercepat perkembangan karat. Nah, berikut beberapa bagian dan cara mencegahnya untuk mobil Anda yang mudah karat. Yuk simak!

Area lantai pada mobil Anda merupakan salah satu bagian yang mudah karat. Penyebabnya adalah karena air seringkali mengenai area bawah, misalnya saat melalui genangan, terkena banjir, ataupun air minum yang tumpah ke karpet. Selain itu, bagian pada mobil Anda yang rawan terkena karat adalah bagian bawah dari mobil. Pada bagian bawah mobil Anda rentan terjadi kerusakan yang tidak terdeteksi akibat terpentok. Misalnya, ketika Anda berkendara di jalan menabrak batu. Batu dapat menggores bagian bawah sampai cat tidak terlihat dan kemungkinan akan terbentuk karat.

Penting untuk mengetahui hal ini, misalnya saat Anda ingin membeli mobil bekas, periksalah sol karet dan lantai mobilnya. Jika bagian lantai mobil ada dalam kondisi baik, maka mobil cenderung tidak berkarat.

Nah, dalam mencegah terjadinya karat Anda bisa menghindari mobil dari jalanan yang banjir, banjir adalah hal yang bisa mengakibatkan mobil mudah berkarat. Lalu, jika ada kerusakan bodi, segera perbaiki, apalagi jika sampai besi terekspos dengan udara luar. Fasilitas body repair Hyundai tentunya siap menangani masalah ini.

Pemasangan anti karat berupa coating tambahan pada bagian tertentu seperti lantai juga bisa menjadi salah satu jalan terbaik dalam mencegah karat. Namun, ini juga cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan karat pada mobil, yaitu Anda bisa memanfaatkan sikat dan lap khusus lalu pakai cuka yang dicampurkan sedikit air. Cuka dapat menghilangkan karat karena mengandung asam, khususnya asam sitrat atau asam asetat. Jika bagian mobil yang berkarat bisa dibongkar Anda hanya perlu merendam bagian yang berkarat dengan air cuka selama 1-2 hari. Itulah yang bisa Anda lakukan dalam mencegah dan menghilangkan karat pada mobil Anda. Semoga artikel ini dapat membantu.

Baca Juga, Rutin Semir Ban Mobil Malah Jadi Bahaya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here