Ban adalah salah satu komponen utama pada kaki-kaki mobil. Meski letaknya di bawah, fungsi ban tidak hanya digunakan saat mobil melaju. Ban juga menjadi penopang beban mobil saat mengangkut barang dan penumpang. Karena itu, ukuran ban dipengaruhi juga oleh beban maksimum mobilnya. Ukuran ban mobil sangatlah beragam. Hal yang sama berlaku untuk produk yang dapat dipilih di pasar. Mungkin hal inilah yang membuat bingung pengendara mobil baru saat memilih ban mobil yang tepat. Padahal, sebelum sampai ke tahap ini, ada hal penting lain yang harus dipikirkan yaitu ukuran ban. Ini hanya bisa dilakukan jika Anda bisa membaca ukuran ban. Gimana sih cara membaca ukuran pada ban mobil? Nah, simak yuk penjelasan cara membaca ukuran ban mobil dibawah ini yang telah Otodiva.com rangkum untuk Anda.

Untuk membaca ukuran pada ban mobil merupakan suatu hal yang lumayan mudah. Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah mencari urutan angka dan huruf dengan kombinasi seperti ini, 195/55 R16. Kombinasi tersebut hanyalah contoh, informasi ban mobil Anda mungkin berbeda. Satu hal yang menjadi pertanyaan spesifik, apa yang dimaksud dengan kombinasi? Mari kita bahas satu per satu. Angka “195” pada dudukan menunjukkan lebar tapak dalam milimeter. Semakin besar angkanya, semakin lebar lekukan pada ban mobil dan begitu juga sebaliknya. Untuk yang selanjutnya nampak angka “55”. Angka ini menandakan tinggi dinding ban dalam bentuk persentase pada tapak ban. Gampangnya, berarti tinggi dinding ban kombinasi tersebut adalah 55% dari 195 milimeter, yang berarti 107,25 milimeter.

Dari kedua informasi tersebut, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih ban mobil yang tepat. Pertama, semakin lebar permukaan tapak, semakin baik kemampuan kendaraan untuk beroperasi di aspal. Sisi negatifnya, mobil menjadi lebih hemat energi karena memiliki ketahanan selip yang besar. Kedua, menempel pada dinding ban. Dinding samping yang rendah juga sporty saat mobil menikung. Sedangkan kekurangannya mobil menjadi kurang nyaman karena desainnya yang ramping. Inilah sebabnya mengapa kebanyakan pengangkut orang (kendaraan multiguna) yang mengutamakan kenyamanan penumpang menggunakan ban yang relatif tebal. Dan sebaliknya untuk mobil sport yang mengutamakan kenyamanan penumpang menggunakan ban yang relatif tebal.

Baca Juga, Rutin Semir Ban Mobil Malah Jadi Bahaya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here