Memiliki kendaraan roda empat saat ini juga sudah menjadi kebutuhan yang penting, namun memiliki mobil tidak menjamin Anda tidak akan menemui berbagai masalah yang diakibatkan oleh mobil tersebut. Sehingga dibutuhkan pengetahuan bagaimana cara mengatasi masalah ban slip ini agar tidak menjadi kendala bagi para pengendara mobil di jalan.

Kini telah memasuki musim penghujan, saatnya Anda untuk mewaspadai berbagai potensi masalah yang dapat mempersulit berkendara di jalan yang licin. Satu hal yang penting untuk Anda khawatirkan adalah kondisi ban mobil, karena jalan yang basah dan licin dapat menyebabkan ban yang bulat selip. Apa hal yang harus Anda lakukan jika terjadi selip pada ban mobil? Dibawah ini, Otodiva.com telah merangkum beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika mengalami selip pada ban mobil. Mari kita simak!

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah kopling harus ditekan sampai kendaraan mendapatkan kembali kendali. Fungsi kopling adalah untuk memutuskan seberapa besar tenaga dari mesin yang disalurkan ke roda. Dengan menekan kopling, roda bisa berputar tanpa tekanan. Ini bisa Anda lakukan jika mobil dengan transmisi manual. Namun, jika mobil Anda dengan transmisi otomatis, maka Anda bisa dengan menggerakkan handle dari D langsung netral. Jika handle tidak dapat digerakkan langsung, berarti mobil memiliki transmisi otomatis dan dapat mengontrol selip dengan otomatis pula.

Ada beberapa faktor, yang bisa membuat ban mobil Anda selip. Faktornya yaitu jarak main bebas handel kopling yang terlalu rapat, kampas kopling aus, baut kopling kurang kencang, pelat tekan aus, pegas kopling lemah, pelumas terlalu encer. Namun, ada juga cara untuk Anda menghindari terjadinya ban selip yaitu Anda harus sering-sering dalam memindahkan transmisi pada gigi yang rendah saat melewati jalur menanjak, setel ulang bagian pedal kopling mobil. Mengganti kopling dengan yang baru untuk hasil yang lebih bagus. Kemudian, Anda bisa aktifkan rem tangan, mengganti pelumas kopling, hindarilah penggunaan pelumas yang terlalu encer, mengganti bagian plat tekan koplingnya, mengencangkan pemasangan baut kopling, mengganti pegas kopling, menyetel jarak dalam menghandel kopling. Dan yang terakhir adalah lakukan perawatan ban secara berkala.

Baca Juga, Jangan Keliru, Ini Cara Membaca Ukuran Ban Mobil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here