Bagi kendaraan baik roda dua maupun roda empat, klakson berfungsi sebagai alat komunikasi antar kendaraan. Selanjutnya klakson merupakan salah satu alat pengaman yang sangat berguna untuk mengurangi resiko kecelakaan yang mungkin timbul saat berkendara, komunikasi jalan raya harus selalu berjalan antar kendaraan bermotor apapun jenisnya. Ini demi keselamatan, karena ada titik buta saat kita berkendara atau tidak sadar akan lingkungan sekitar kita, klakson bisa menjadi pengingat. Contohnya, ketika kamu hendak menyalip kendaraan yang ada di depan kamu, kamu bisa membunyikan klakson agar kamu dipersilakan untuk menyalip.

Biasanya frekuensi bunyi klakson juga dibedakan antara kendaraan kecil seperti sepeda motor, kendaraan ringan (mobil) dan kendaraan besar (truk/bus). Semakin besar kendaraan, semakin tinggi frekuensi suara klakson. Namun, jika klakson motor tiba-tiba mati, tentunya hal tersebut dapat mengancam keselamatan Anda. Nah, dibawah ini Otodiva.com telah merangkum beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi klakson motor yang mati, simak yuk!

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah periksa aki sepeda motor Anda ketika klakson mati. Karena klakson merupakan salah satu bagian kelistrikan mesin, maka klakson akan sangat dipengaruhi oleh kondisi aki. Anda harus mengetahui tanda-tanda bahwa baterai perlu diganti. Jika baterai sepeda motor Anda benar-benar rendah, Anda perlu menggantinya agar klakson berfungsi kembali.

Kemudian, cara selanjutnya bersihkan saklar klakson motor Anda. Jika terdapat karat di saklar klakson motor, akan membuat klakson motor tidak bunyi. Kamu bisa membersihkan karat yang ada di saklar klakson ini dengan menggunakan cairan pembersih karat untuk rantai motor. Karat pada saklar klakson motor ternyata mampu membuat klakson kamu bersuara kecil hingga lama-lama menjadi mati. Lalu, kencangkan saja baut dari klakson motor Anda. Jika suara klakson pada motor Anda semakin kecil atau tiba-tiba hilang ini mungkin bisa disebabkan karena baut pengatur klakson motor Anda kendor.

Rutinlah untuk mengecek kondisi klakson secara berkala saat waktu servis dan periksalah kabel klakson motor Anda. Pada umumnya, kabel klakson motor ada dua jenis, yaitu kabel masa dan kabel listrik.

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengecek baut platina yang ada di motor Anda. Baut ini biasanya berada di belakang klakson motor. Nah, kalau si baut platina ini sudah tidak berada pada tempat yang seharusnya, sangat wajar klakson tidak mau bunyi. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membongkarnya terlebih dahulu dan mengembalikan posisi si baut platina ini kembali seperti semula. Akan tetapi, sebaiknya jika Anda tidak yakin bisa dalam membongkar dan memasang kembali rakitan motor, Anda bisa membawanya ke bengkel agar ditangani oleh ahlinya.

Baca Juga, Bunyi Klakson Akan Diganti Dengan Bunyi Seruling di India, Ini Penjelasannya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here