Dongkrak mobil adalah salah satu perlengkapan otomotif yang digunakan untuk menaikkan dan menurunkan mobil. Dongkrak merupakan salah satu perlengkapan yang wajib dimiliki oleh para pemilik mobil. Dongkrak biasanya digunakan untuk membantu perawatan mobil, memeriksa bagian bawah mobil, dan mencuci mobil. Selain itu, dongkrak juga merupakan alat yang dapat membantu anda dalam keadaan darurat seperti mengganti ban yang kempes dengan ban cadangan. Setidaknya ada beberapa jenis dongkrak mobil yang perlu Anda ketahui dan pahami cara kerjanya. Nah, dibawah ini Otodiva.com telah mengutip dalam laman wuling.id tentang berbagai jenis dongkrak dan cara kerjanya masing-masing. Yuk simak!

1. Dongkrak Mobil Botol
Dongkrak botol merupakan dongkrak yang berbentuk seperti botol dan dongkrak jenis botol ini sangat mudah digunakan. Cara menggunakannya yaitu Anda hanya perlu menaikkan dan menurunkan tuas agar hidrolik mobil dapat bekerja dengan baik. Ukuran ini juga memiliki bentuk yang sangat sederhana dan kompak, sehingga mudah untuk dibawa kemana-mana. Sebelum menggunakan dongkrak ini, pastikan untuk mengencangkan klep kecil di sebelah tuas, jika ingin menurunkan dongkrak, cukup putar tuas ke arah yang berlawanan sampai dongkrak penuh. Ini sangat cocok untuk pemilik semua jenis kendaraan pribadi.

2. Dongkrak Gunting
Dongkrak jenis gunting ini yang paling sederhana dari semua jenis. Dongkrak ini tidak menggunakan sistem hidrolik, sehingga pengguna harus mengeluarkan tenaga yang banyak untuk mengangkat mobil, walaupun penggunaan dongkrak ini membutuhkan tenaga yang banyak, namun dongkrak ini sangat cocok untuk mobil pribadi. Ukuran size ini sangat kecil sehingga mudah dibawa kemana-mana. Harga dongkrak ini juga sangat murah, mobil kecil dengan beban kurang dari 2 ton sangat cocok menggunakan dongkrak ini. Jika Anda ingin mengangkat kendaraan yang sangat berat, ini tidak akan mungkin. Jika terpaksa, tentunya harus mengeluarkan banyak tenaga.

3. Dongkrak Buaya
Dongkrak buaya merupakan salah satu jenis yang sangat besar sehingga cukup berat. Sehingga, pemilik dongkrak jenis ini sangat langka di Indonesia. Kebanyakan pemiliknya hanya bengkel resmi mobil, tidak hanya sebesar itu, tetapi dongkrak ini juga cukup mahal. Dongkrak ini juga menggunakan teknologi hidrolik untuk mengangkat beban. Dongkrak ini sangat aman digunakan, karena dapat mengangkat mobil berukuran besar.

4. Dongkrak Penyangga
Dongkrak dengan jenis yang satu ini adalah dongkrak yang biasa digunakan oleh bengkel untuk mengangkat bagasi mobil. Dongkrak ini berbentuk kotak dengan tuas di salah satu sisinya. Menggunakan dongkrak ini sangat mudah dibawa kemana-mana.

5. Dongkrak Kereta
Dongkrak kereta ini merupakan salah satu jenis dongkrak yang banyak digunakan untuk mengangkat beban berat secara off-road. Kapasitas angkat yang didapat dengan silinder ini mencapai 20 ton. Sebagian besar pemilik dongkrak ini adalah bengkel.

6. Dongkrak Gabungan Botol dan Buaya
Jenis dongkrak ini merupakan kombinasi dari ukuran botol dan buaya. Soket kombo ini memiliki kapasitas angkat yang lebih tinggi. Kerugian dari jenis dongkrak yang satu ini adalah ukurannya yang besar, sehingga sulit untuk dipindahkan. Sehingga, jenis dongkrak gabungan botol dan buaya ini tersedia hampir secara eksklusif di bengkel resmi.

Baca Juga, Lakukan Hal Ini Jika Ban Mobil Anda Selip

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here