Wiper pada mobil berperan sangat penting dalam keselamatan pengemudi, karena kinerja wiper berkaitan erat dengan peningkatan keselamatan berkendara. Jika hujan deras dan mobil tidak menggunakan wiper, kaca depan akan berkabut. Kabut yang menempel di kaca jendela akan menghalangi pandangan pengemudi, bila pandangan pengemudi kabur maka resiko terjadinya kecelakaan lalu lintas sangat tinggi. Hal ini menjadikan wiper kaca depan menjadi aksesori mobil yang sangat penting dan wajib dimiliki pada setiap kendaraan.

Wiper pada kaca mobil mungkin menjadi salah satu bagian dari mobil yang belum mengalami perubahan sejak pertama kali teknologinya diaplikasikan buat kendaraan roda empat dan di atasnya. Penggunaan karet untuk pembersih kaca tampaknya sudah kuno. Itulah yang setidaknya ada dipikiran Tesla. Mereka kini tengah menyiapkan teknologi pembersih kaca dengan sinar laser. Namun, baru-baru ini Tesla yang merupakan perusahaan mobil listrik asal California, AS ini mengajukan paten untuk wiper kaca depan menggunakan sinar laser. Sinar laser ini yang akan membersihkan kotoran dari permukaan kaca depan. Menurut Driven sensor akan mendeteksi jika ada serpihan, remah atau partikel di permukaan kaca. Kemudian laser akan bekerja secara otomatis untuk membersihkannya. Ini salah satu teknologi yang cukup canggih dan dapat sangat membantu pengemudi.

Tesla telah mengatakan bahwa sinar laser akan bekerja pada tingkat sedemikian rupa sehingga tidak akan menembus kaca yang menyebabkan kerusakan. Namun, perlu dicatat bahwa menggunakan wiper laser tidak akan bekerja secara optimal jika kamera tidak dipasang ke kendaraan dan terhalang kotoran.

Sistem pembersihan untuk kendaraan mencakup perakitan balok optik yang memancarkan sinar laser untuk menyinari suatu wilayah pada kaca kendaraan, pendeteksi kotoran yang mendeteksi kotoran yang terakumulasi di area tersebut, dan sirkuit kontrol. Faktor ini menyebabkan kesalahan dalam pendeteksian layar, apakah perlu dibersihkan dari debu atau air hujan. Selain itu, keberadaan laser dikhawatirkan akan menghalangi pandangan pengemudi saat berkendara di jalan.

Baca Juga, Tesla Model S dikabarkan Pecahkan Rekor Putaran Porsche Taycan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here